Belum Dilaunching, Balai Ternak Baznas RI di Tuban Sudah Punya Indukan 90 Ekor

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kabupaten Tuban menjadi salah satu wilayah yang ditempati program balai ternak Baznas RI. Dari ratusan desa di Tuban, program tersebut ditempatkan di Dusun Koro, Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak. 

Program tersebut belum dilaunching secara resmi, namun saat ini sudah memiliki populasi indukan 90 ekor. Hal tersebut diungkap pimpinan Baznas Tuban di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Tuban. 

Ketua Baznas Tuban, Ir. Agus Suryanto mengatakan, populasi domba indukan sejumlah 90 ekor itu terdiri dari domba pejantan dan domba bakalan. 

Semua itu merupakan bantuan pemberdayaan dari Baznas RI, termasuk kandang komunal yang telah dibangun di Dusun Koro tersebut. Saat ini, anggota kelompok sejumlah 12 orang.

“Jika program ini berhasil, maka nanti akan kita kembangkan di daerah-daerah yang lain,” jelas Agus dikutip dari situs Tubankab, Jumat (6/1/2023). 

Baca juga:

Pimpinan Baznas Tuban Periode 2022-2027 Lantik, Bupati Khawatirkan Program Tumpang Tindih

Direncanakan, program Balai Ternak Baznas RI di Kabupaten Tuban ini akan di-launching pada akhir Januari 2023.

Maksud tujuan Baznas Tuban datang ke Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan yaitu adanya sinergi dan dukungan Pemkab Tuban terhadap kelompok ternak di Dusun Koro tersebut. 

“Kami berharap ke depan nanti ada sinergi program dengan dinas terkait. Mungkin secara teknis ada beberapa hal yang perlu diarahkan, dibenahi, dilengkapi oleh dinas, sehingga hasil akhirnya adalah program ini berhasil,” tandasnya. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS