Bulan K3 Tahun 2023 Ditutup, TPPI Tuban Gelar 5 Lomba Menarik bagi Pekerja dan Outsourcing

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Sejumlah kegiatan telah selesai digelar oleh PT Trans-Pacific Petro chemical Indotama (TPPI) Tuban dalam rangka penutupan peringatan bulan K3 tahun 2023. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, General Manager PT TPPI, seluruh Manager Fungsi, seluruh Section Head, dan seluruh undangan yang hadir termasuk Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Tuban pada Jumat (10/2/2023). 

Peringatan bulan K3 2023 digelar TPPI Tuban bertujuan meningkatkan kesadaran dan ketaatan pemenuhan norma K3 di PT. TPPI. Meningkatkan partisipasi semua pihak, baik karyawan maupun kontraktor, dalam mencapai pelaksanaan budaya K3 secara optimal di PT. TPPI. Mengingatkan kembali pentingnya K3 yang merupakan bagian dari budaya kerja di perusahaan. 

Selain itu, memacu semangat kompetisi yang positif antar sesama karyawan dan kontraktor untuk mencapai performa K3 yang terbaik. Sekaligus memberikan apresiasi dan penghargaan kepada karyawan ataupun departemen yang berprestasi di bidang K3.

Dengan mengusung tajuk terwujudnya pekerjaan layak yang berbudaya K3 guna mendukung keberlangsungan usaha di setiap tempat kerja, kegiatan kali ini menyasar seluruh pekerja & outsourcing di TPPI. 

Beberapa rangkaian kegiatan penutupan bulan K3 yaitu, lomba fire fighting dilaksanakan pada 26 Januari hingga 02 Februari 2023 di Lapangan Barat Service Building. Lomba diikuti oleh 8 Grup yaitu ERT Grup A, ERT Grup B, ERT Grup C, ERT Grup D, CCB Fighter, Bernacle Boy (Mechanical 1), Mermaid Man (Mechanical 2) dan Latu Murni (Maintenance) dengan kriteria penilaian antara lain kekompakan tim, kecepatan, dan kerapian. Dari 8 peserta tersebut diambil Juara I, Juara II, Juara III yang nanti akan diumumkan pada saat penyerahan hadiah.

Baca juga :

TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang

Berikutnya lomba cerdas cermat K3 dilaksanakan pada 24 Januari hingga 01 Februari 2023 dan diikuti oleh 15 tim. Aspek yang dinilai antara lain kekompakan tim, relevansi dan ketepatan jawaban dengan pertanyaan serta ketepatan waktu. Dari 15 tim tersebut diambil Juara I, Juara II, dan Juara III yang nanti akan diumumkan pada saat penyerahan hadiah.

Selanjutnya lomba video K3 dilaksanakan pada 25 Januari hingga 03 Februari 2023 dan diikuti oleh 12 tim. Aspek yang dinilai antara lain substansi, orisinalitas, audio visual, dan manfaat. Dari 12 tim tersebut diambil Juara I, Juara II, dan Juara III yang nanti akan diumumkan pada saat penyerahan hadiah.

Tak kalah serunya yaitu, lomba banner K3 dilaksanakan pada 12 Januari hingga 08 Februari 2023 dan diikuti oleh 41 peserta. Aspek yang dinilai antara lain orisinalitas, kreativitas, dan substansi dari gambar. Dari 41 peserta tersebut diambil Juara I, Juara II, dan Juara III yang nanti akan diumumkan pada saat penyerahan hadiah.

Terakhir lomba pemadaman api dengan APAR dilaksanakan pada 30 Januari hingga 03 Februari 2023 dan diikuti oleh 60 peserta. Aspek yang dinilai antara lain kesesuaian teknik dan kecepatan. Dari 60 peserta tersebut diambil Juara I, Juara II, dan Juara III yang nanti akan diumumkan pada saat penyerahan hadiah. 

Baca juga:

GM PT TPPI Tuban Minta SMP Diketahui Seluruh Karyawan dan Masyarakat

Panitia kegiatan berharap adanya acara ini setiap tahunnya, besar harapan kami agar upaya peningkatan kesadaran, ketaatan, dan penerapan K3 oleh karyawan dan outsourcing dapat berlangsung secara konsisten dan berkesinambungan sehingga TPPI menjadi perusahaan petrokimia dan energi kelas dunia yang mandiri berbudaya K3.

Dalam sambutannya, GM PT TPPI, Sugiyo mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan kegiatan Bulan K3 di TPPI, yang sudah sejalan dengan tema Bulan K3 tahun 2023. Keberlangsungan usaha  dalam perusahaan tidak akan terwujud tanpa penerapan budaya K3 yang baik.

"Untuk itu, saya mengajak terus meningkatkan implementasi budaya K3 disetiap kegiatan TPPI. Sebentar lagi TPPI akan menjalankan perbaikan Kilang, yang menuntut pelaksanaan secara aman, ON Schedule dan ON Quality. Saya merimaider penerapan 12 Safing Rule Pertamina  yang menjadi guidance pelaksanaan K3 dapat terus dilaksanakan di TPPI. Laksanakan terus Safety Golden Rule (Patuh, Intervensi dan Peduli) dalam setiap aktivitas baik di perusahaan maupun di rumah. Zero Actident : Kita Bisa, Semoga Kilang TPPI senantiasa aman, handal, efisien dan ramah lingkungan," tutur Sugiyo. 

Perlu diketahui, safing rules yang dimaksud meliputi tools & equepment, safe zone position, permit to work, isolation, confined space, lifting operation, fit to work, working at height, personal floation divice, sistem override, asset integrity, droop object, excavation, gas test, dan driving. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS