Sukses Kelola Wisata Pantai, Socorejo Masuk Daftar Desa Mandiri di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Kabar gembira datang dari masyarakat yang berada di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Pasalnya, pada awal Tahun 2023 ini desa yang memiliki icon pantai tersebut, berhasil meningkatkan status Indeks Desa Membangun (IDM). 

Dari yang awalnya masih berstatus menjadi Desa Maju, kini melalui proses yang cukup panjang akhirnya bisa meningkat menjadi Desa Mandiri. 

Kepada blokTuban.com, Kepala Desa Socorejo, Zubas Arif Rahman mengaku jika dirinya sangat bersyukur, atas capaian yang telah diraih oleh wilayah yang kini sedang dipimpinnya tersebut. 

Baca juga: Asal-usul Lahan Wisata Pantai Semilir Tuai Klaim Sepihak yang Sudah Dibuka Lagi

"Selaku Kepala Desa Socorejo saya sangat bersyukur kepada Allah SWT, dan berterimakasih atas semua dukungan, dari stakeholder terutama warga Socorejo, yang turut berperan serta aktif dalam mendukung program desa," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (9/2/2023). 

Menurutnya, faktor utama tercapainya prestasi ini, ialah pendapatan per kapita masyarakat Desa Socorejo, yang semakin meningkat setiap tahunnya, serta angka pengangguran yang menurun drastis selama 6 tahun terakhir ini. 

Disamping itu, kuncinya adalah berkolaborasi dalam membangun kesepahaman, baik dengan seluruh stakeholder, investor, hingga perusahaan yang ada di Ring 1 desa. Hal itu, dilakukan guna meningkatkan ekonomi masyarakat desa. 

"Dalam waktu 6 tahun, Socorejo beranjak dari Desa Berkembang lalu Desa Maju, dan di Tahun 2022 menjadi Desa Mandiri," lanjutnya. 

Baca juga: Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya

Tak hanya itu saja, pria yang akrab disapa Arif ini juga menambahkan, bahwa peningkatan ekonomi desa, salah satunya dilakukan dengan turut mengembangkan potensi wisata yang ada di desa tersebut. 

Pasalnya, dalam kurun waktu tiga tahun wisata itu dibuka, pantai yang dikenal dengan kesejukan anginnya tersebut kini sudah berhasil menjadi wisata andalan, yang sudah memberikan banyak kontribusi positif, untuk masyarakat desa. 

"Harapan kami, diperiode kedua pemerintahan saya ini, kolaborasi antar elemen yang sudah baik ini akan terus ditingkatkan. Agar manfaatnya semakin dirasakan oleh masyarakat," tutupnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS