Terdapat Kepulan  Asap Hitam Dari Pelabuhan SIG Tuban, Ternyata ini Penyebabnya

Reporter: savira wahda sofyana

 

blokTuban.com – Kepulan asap yang membumbung dengan durasi waktu cukup lama, terjadi di Pelabuhan Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Ghopo Tuban, yang berada di wilayah Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Menurut Kepala desa (Kades) Socorejo, Zubas Arif Rahman jika kepulan asap hitam yang berasal dari Pelabuhan tersebut, bukan hanya pertama kali ini saja, melainkan sudah sering terjadi.

“Iya mbak, kejadian ini sudah sering terjadi dan informasi yang terbaru hari ini, saya mendapatkan laporan dari teman-teman Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Pantai Semilir, sekitar pukul 10.00 Wib,” ujarnya kepada blokTuban.com, Jumat (10/2/2023).

Kepulan asap ini sendiri, dinilai sangat menganggu para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Semilir dan juga masyarakat Socorejo dan sekitarnya. Sehingga, Arif sapaan akrabnya akan segera mengkoordinasikan hal tersebut, dengan pihak tekait.

“Selanjutnya segera saya koordinasikan dengan pihak terkait, khususnya pengelola operasional Pelabuhan Semen Indonesia,” lanjutnya.

Selain itu, saat ditanya terkait faktor terjadinya kepulan asap tersebut, pria ramah ini mengatakan bahwa hal itu terjadi akibat dari aktivitas bongkar muat batu bara, yang dilakukan di Pelabuhan Semen Indonesia.

Sementara Senior Manager Of Corporate Communication SIG Ghopo Tuban, Setiawan Prasetyo mengungkapkan jika kepulan asap, terjadi lantaran debu batu bara yang tersapu oleh angin kencang, sehingga menimbulkan kepulan asap tersebut.

“Setelah dikonfirmasi ke Tim Pelabuhan adalah debu bara yang lembut, tersapu oleh angin yang cukup kencang,” paparnya saat dikonfirmasi.

Kendati demikian, saat ini sudah dilakukan penanganan  oleh pihaknya dengan cara  melakukan pembasahan di lokasi pelabuhan, sehingga kepulan asap tersebut dapat teratasi dengan baik. [Sav/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS