Masa Panen Padi Usai, Sebagian Petani di Tuban  Mulai Tanam Buah Melon

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Memasuki awal Bulan Februari 2023, sejumlah petani di Desa Klotok, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban mulai menanam Buah Melon, setelah kompak memanen padi. 

Salah seorang petani Melon setempat, Muji mengungkapkan jika menanam Buah Melon merupakan tanaman yang selalu ditanam oleh petani, disaat musim tanam ketiga, sebelum memasuki Bulan Ramadhan. 

"Ini musim tanam yang ketiga mbak, memang kita selalu menanam Buah Melon setiap mau puasa. Dengan harapan nanti pas bulan puasa sudah bisa dipanen," katanya kepada blokTuban.com saat ditemui, Kamis (9/2/2023). 

Hal tersebut, rupanya dilakukan bukan tanpa alasan. Pasalnya, pada saat Buah Melon dipanen bertepatan dengan Bulan Ramadhan, maka harga jual dari buah berwarna hijau ini lebih mahal Dika dibandingkan dengan hari biasanya. 

Oleh karena itu, menanam Buah Melon menjelan Bulan Ramadhan sudah menjadi tradisi atau kebiasaan, para petani yang ada di desa ini.

"Alasannya karena memang biasanya kalau sudah masuk bulan puasa itu, harganya mahal mbak. Tapi kalau sudah selesai Hari Raya malah jatuh harganya," jelasnya. 

Menurutnya, perbedaan itu terjadi karena pada saat Bulan Ramadhan permintaan Buah Melon melambung tinggi. Sementara pada hari biasa, cenderung mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. 

 

Dengan demikian, ia berharap agar nantinya seluruh buah yang telah ditanamnya tersebut, dapat bertumbuh dengan baik, subur dan juga tidak terserang oleh hama yang bisa merusak buah. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS