Senin 23 Januari 2023 Ditetapkan 1 Rajab 1444H, Ini Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama melalui Lembaga Falakiyah mengikhbarkan (mengumumkan) bahwa 1 Rajab 1444 H jatuh pada Senin, 23 Januari 2023.

Bulan Rajab merupakan satu dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah. Ada banyak keutamaan Bulan Rajab yang harus dimanfaatkan Muslim dengan melakukan amalan ibadah seperti menjalankan puasa sunnah, memperbanyak istighfar, memanjatkan doa dan sedekah.

 

1. Perbanyak Amalan Ibadah

Pada bulan Rajab ini, dianjurkan untuk memperbanyak amal-amal kebaikan dan ketaatan. Salah satunya adalah memperbanyak puasa. Disunnahkan untuk memperbanyak puasa di bulan Rajab seperti halnya juga disunnahkan untuk memperbanyak puasa di tiga bulan haram yang lain, Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram. 

 

2. Menjalankan Ibadah Puasa Sunnah

Jumhur ulama mengelompokkan puasa di Bulan Rajab termasuk dalam golongan puasa sunnah. Pelaksanaan puasa sunnah di Bulan Rajab seperti puasa sunnah lain yang membedakan hanya bacaan niatnya.

 

Niat Pasa Sunnah Rajab

 Ù†ÙŽÙˆÙŽÙŠÙ’تُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى 

Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta'alaa 

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT."

 

3. Memperbanyak Istighfar

Salah satu keutamaan Bulan Rajab adalah bulan cucuran rahmat Allah Ta’ala kepada umat-Nya. Bulan Rajab adalah bulan “istigfar,” maka perbanyaklah istigfar di bulan ini. Pendek kata, bulan Rajab adalah bulan mulia yang banyak keistimewaan di dalamnya.

 

4. Membaca Doa di Bulan Rajab

Abu Nu’aim dan Ibnussunni meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap kali memasuki bulan Rajab, beliau membaca doa:  

 Ø§Ù„لَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ   

Artinya: “Ya Allah, anugerahkanlah keberkahan kepada kami di bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah umur kami pada bulan Ramadlan.”

 

5. Bersedekah di Bulan Rajab

Berbuat amal baik di Bulan Rajab, seerti halnya bersedakah akan dilipat gandakan, seperti dikutip dari khotbah Jumat Nu Online, sebagaiman Rasulullah bersabda:

عن عقبة عن سلامة بن قيس يرفعه الى النبى صلى الله عليه وسلم انه قال: من تصدق فى رجب باعده الله من النار كمقدار غراب طار فرخا من وكره فى الهوى حتى مات هرما. وقيل الغراب يعيش خمسمائة عام

"Barang siapa bersedekan di bulan Rajab, maka Allah SWT akan menjauhkannya dariapi neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua".

Itulah keutamaan-keutamaan yang dianjurkan dilakukan di Bulan Rajab. 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS