6 Tips Mencegah Tertular Virus Influenza

 

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Penyakit flu atau influenza ketika musim peralihan umum diderita kebanyakan orang. Penyakit ini sangat mudah menular ke orang lain, terutama ketika 3–4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi virus flu.

Dilansir dari laman halodoc, Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Pada temuan kasus yang lebih parah, flu dapat menyebabkan komplikasi seperti pneumonia, dan bahkan kematian.

Virus influenza menyebar melalui udara dalam tetesan atau percikan liur (droplet) ketika seseorang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Untuk itu ada beberapa tips mencegah penularan virus ini diantaranya:

1. Menutupi mulut dan hidung 

Tutupi mulut dan hidung menggunakan tisu saat batuk atau bersin atau gunakan masker. Ini dapat mencegah orang-orang di sekitar tertular sakit. Karena virus flu bisa menyebar  melalui droplet.

 

2. Menghindari kontak dengan orang sakit flu

Mengutip CDC, hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit flu. Begitupula sebaliknya, jika sedang sakit jaga jarak dari orang lain untuk mencegah penularan.

 

3. Bersihkan tangan

Sering membasuh atau mencuci tangan dengan sabun atau antiseptik seperti handsanitizer yang praktis. Hal ini bertjuan untuk melindungi penularan melalui kuman.

 

4. Jaga kebersihan sekitar

Menjaga kebersihan dilakukan baik di tempat tinggal, sekolah atau tempat kerja, tempat dimana menghabiskan beberapa waktu untuk berkegiatan. Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh dimanapun itu.

 

5. Jangan menyentuh wajah

Mengutip Medical News Today, hindari menyentuh area wajah ketika musim influenza menyerang, terutama mulut, hidung, dan mata. Sebelum benar-benar perlu menyentuh area tadi pastika tangan dalam keadaan steril atau bersih dari kuman.

 

6. Tetap di rumah 

Jika memungkinkan untuk tinggal di rumah, ini penting untuk menghindari sumber virus. Namun jika mengharuskan keluar rumah untuk beberapa urusan maka terapkan beberapa point di atas. 

Itulah beberapa tips menjaga diri dari potensi tertular influenza. Selain itu penting juga menjaga tubuh tetap sehat dengan menjaga pola makan, olahraga teratur dan istirahat cukup dan mengelola stres.

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS