Nama-Nama Lain Al-Qur’an yang Diturunkan Allah SWT, Apa Sajakah itu?

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com -  Al-Qur'an adalah kitab yang dipercaya umat Islam sebagai kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Nama Al-Qur'an sendiri bukan satu-satunya nama yang diberikan Allah kerhadap kitab umat Islam ini.

Berdasarkan isi buk Ensiklopedia Islam untuk Pelajar, Al-Qur'an memiliki 78 nama. Namun secara redaksional dari ayat-ayat yang terdapat Al-Qur'an didapatkan beberapa nama saja, selain itu merupakan sifat, fungsi ataupun indikator Al-Qur'an.

Beberapa nama Al-Qur'an yang perlu diketahui yaitu:

1. Al-Kitab

Al-Qur'an memiliki arti petunjuk bagi orang yang bertakwa ini sering disebut sebagai Kitabullah.

Allah mengatakan dalam ayat Al-Qur'an terkait penyebutan Al-Kitab ini dalam surat Al-Baqarah dan Ali ‘Imran, yang artinya

“Kitab (al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.” (QS. al-Baqarah: 2) 

“Dia menurunkan Kitab (al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan Injil” (QS. Ali ‘Imran: 3) 

2. Al-Furqan 

Al-Furqan artinya pembeda, maksudnya yang membedakan antara yang haq dan yang batil atau yang benar dan mana yang salah.

Dalam Al-Qur'an ALlah berfirman:

"Mahasuci Allah yang telah menurunkan Furq¢n (al-Qur’an) kepada hamba-Nya (Muhammad saw.), agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam (jin dan manusia).” (QS. al-Furqan: 1) 

3. Al- Huda

Selain Al-Kitab dan Al-Furqon, termasuk di dalam Al-Qur'an adalah Al-Huda yang artinya petunjuk. Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril ini memang berisi petunjuk dalam menjalankan hidup sebagai seorang muslim.

Sebagaimana tertulis dalam surat Al Baqarah ayat 185 yang artinya

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.(QS. al-Baqarah: 185) 

4. Al- Zikr

Ad-Dikr berarti pemberi peringatan, Al-Qur'an dimaksudkan untuk memberi peringatan kepada manusia. 

Allah berfirman melalui ayat yang menyebutkan ad-Dzikr sebagai nama lain kitab al-Qur’an:

“Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan al-Qur’an, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.” (QS. al-H?ijr : 9) 

5. At-Tanzil. 

At-Tanzil artinya yang diturunkan. Al-Qur'an ini diturunkan melalui perantara malaikat Jibril oleh Allah SWT untuk dismapaikan kepada umat manusia.

Seperti firman Allah dalam ayat Al-Qur'an berikut ini:

“Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam,” (QS Asy Syu’ara’: 192).

Demikian nama-nama lain AL-Qur'an, kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan, juga sebagai petunjuk umat Islam.

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS