Supaya Email Lamaran Kerja Dilirik HRD, Perhatikan 5 Tips Berikut ini

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pada saat ini perusahaan yang menerima lamaran lamaran pekerjaan sudah banyak yang melalui email. Berkas lamaran dalam b entul file-file kemudian diunggah dan dikirim melalui surat elektronik atau email.

Untuk mengirim lamaran pekerjaan melalui email pun perlu memperhatikan tata aturannya. Supaya email yang berisikan lamaran pekerjaan tersebut terlihat profesional dan mendapat perhatian hrd.

Berikut ini lima tips mengirimkan surat lamaran kerja menarik minat hrd, sebagaimna dikutip dari akun Instagram Kemenkominfo pada 25 Oktober 2022:

1. Subjek Email

Subjek pada kolom email jangan sampai kosong, sebab yang pertama terbaca pada sebuah email masuk yang menunjukkan maksud atau tujuan email tersebut dikirim.  Usahakan untuk mengisinya dengan format lamaran pekerjaan dan sertakan posisi yang ingin dilamar.

2. Body Email

Meski sudah melampirkan dokumen, pelamar tetap harus menuliskan cover letter di dalam body email. Covel letter ini semacam pembukaan atau pengantar apa tujuan email tersebut dikirim.

3. Penamaan File

Pada sebuah lamaran pekerjaan yang dikirim melalui email, otomatis melampirkan file yang biasanya terdiri dari CV, data diri, suratpenting pendukung lainnya. Contoh penggunaan nama file yang benar seperti CV_(nama pelamar kerja).

4. Etika Mengirim Email

Pelamar dilarang untuk mengirim satu email ke banyak alamat email perusahaan sekaligus atau mengirim email yang sama berkali-kali pada satu perushaan. Ini akan memberi kesan bahwa pelamar tidak serius dalam melamar pekerjaan.

5. Waktu Mengirim Email

Sebaiknya, pelamar kerja mengirim email di hari kerja pada rentang jam 9 hingga 11 pagi. Selain menunjukkan sikap profesional, ini akan memudahkan pengecekan email lamaran kerja yang masuk.

Sebelum menekan tombol kirim, alangkah baiknya dipastikan kembali apakah poin 1-5 telah benar atau sesuai. Lebih baik memastikan ulang sebelum mengirim daripada mengirim berulang untuk mengoreksi kesalahan sebelumnya.

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS