Kebiasaan Simple yang Membuat Anak Pintar Sejak Usia 0-3 Tahun

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Menjadi orang tua anak pertama bukanlah hal yang mudah. Ada banyak pengetahuan baru yang harus dipelajari dan diaplikasikan dalam mendidik buah hatinya. 

Melansir dari akun intagram @ellyrismanpsikologanak, orang tua dapat membiasakan cara ini agar si anak dapat tumbuh dan berkembang dengan pintar. Cara simple tersebut dapat dilakukan sejak bayi usia 0 bulan. 

Berikut ini cara simple yang dapat membuat anak ayah bunda pintar berdasarkan usianya:

 

1. Bayi 0-12 bulan

 

Eye-Contact : Ayah dan bunda saat bersama di bayi harus membiasakan bicara dengan tatapan mata. Hal ini akan membuat si bayi merasakan kasih sayang dari orang terdekatnya. 

Main Ci-luk-ba : Bayi akan mudah tertawa dan belajar bahwa objek bisa menghilang

Eksplor makanan : Sambil anak makan, ayah dan bunda dapat mengajarinya nama makanan, warna hingga rasa

Joget bersama : Cara ini dapat menstimulasi pendengaran ritme dan kemampuan motorik si anak.

 

2. Bayi usia 12-24 bulan 

Get messy : Ayah bunda harus lebih mengenalkan buah hatinya saat sudah menginjak usia 12-24 bulan dengan berbagai tektur dan aktifitas sensorik

Educational toys : Menyusun blok sambil belajar konsep sebab akibat cukup efektif merangsang perkembangan pola pikir si anak.

Bernyanyi bersama : Saat anak usia 12-24 bulan, ayah bunda harus mulai menstimulasi pola nada dan bahasa melalui bernyanyi bersama.

Belajar menghitung : Melatih menghitung dari jumlah jari tangan, kaki, dan langkah akan membuat si bayi terus terangsang pola berpikirnya. 

 

3. Bayi 2-3 tahun 

Membaca buku cerita : Usia ini anak harus mulai distimulasi bahasa dan mengasah kemampuan kognitif

Ajak belanja : Ayah bunda harus menyempatkan si anak untuk belanja bersama, agar anak belajar konsep bayar, beli, dan memilih barang.

Always recall the way : Ajak anak bercerita pengalaman hari itu (main apa dengan siapa). 

Belajar berhitung : Melatih menghitung dari jumlah jari tangan, kaki, dan langkah. 

Itulah cara simple mendidik anak usia 0-3 tahun agar tumbuh lebih pintar. Bagi yang ingin mengetahui cara lainnya dapat langsung berkunjung di instagram @ellyrismanpsikologanak, semoga bermanfaat. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS