MA Plus Sunan Kalijaga Resmi Dapat Ijin Operasioanal Kemenag Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Madrasah Aliyah (MA) Plus Sunan Kalijaga, hari ini resmi mendapatkan ijin operasioanal pendirian Madrasah dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban. Madrasah yang berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Islam Riyadhotul Uqul Menilo (YPIRUM) ini, juga mendapat pembinaan langsung terkait pengelolaan Madrasah baru oleh Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Tuban H. Ahmad Munir.

Kakan Kemenag Tuban yang hadir didamoinvi Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) Umi Kulsum, berikut Pengawas Madrasah, sebelum menyerahkan ijin operasional (ijop) pendirian MA Plus Sunan Kalijaga, terlebih duli memberikan sejumlah arahan kepada segenap pengurus serta tenaga pendidik supaya dapat mencetak siswa yang tangguh dan berprestasi. 

"Hari ini kami bersama Kasi Pendma menyerahkan iIjop MA Plus Sunan Kalijaga Menilo. Harapan kami, dengan madrasah yang baru ini segera untuk mengambil langkah-langkah terkait persyaratan yang dipenuhi lembaga," ujar Kakan Kemenag Kabupaten Tuban, H. Ahmad Munir kepada blokTuban.com,  Rabu (24/8/2022).

Dengan adanya madrasah baru yang terletak di Desa Menilo Kecamatan Soko ini, lanjut Munir, pihaknya merasa sangat terbantu sebab telah memberikan kontribusi dalam rangka mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Secara otomatis juga menambah kekuatan dalam dunia pendidikan madrasah, khususnya di lingkup Kantor Kemenag Kabupaten Tuban.

"Kekompakan dan kebersamaan dari semua pihak, muali dari yayasan, pengurus, komite, guru, dan juga masyarakat harus menjadi satu kesatuan yang baik. Supaya madarasah ini betul-betul menjadi harapan masyarakat disekitarnya," lengkapnya lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Pembina Yayasan Pendidikan Islam Riyadhotul Uqul Menilo K.H Abu Chasan berharap agar berdirinya MA Plus Sunan Kalijaga ini bisa membantu para siswa dan santri untuk menuntut ilmu keagamaan guna bekal hidup yang lebih baik.

Siswa dan santri diharapkan dapat mengkaji, memahami, dan mendalami terutama kitab-kitab kuning. Mulai nahwu, shorof, balaghoh dan seterusnya. Kemudian ilmu fiqih supaya bisa menjawab kesulitan dan tantang di masyarakat.

"Semuanya saja, dengan rendah hati kami harap untuk membantu kelancaran dan kesuksesan MA Plus Sunan Kalijaga Menilo ini agar dapat mencetak generasi muda yang berpestasi dan menjaga nilai religi," ungkap K.H Abu Chasan usai penyerahan Ijop MA Plus Sunan Kalijaga.

Sekedar diketahui, MA Plus Sunan Kalijaga (MAPSUKA) merupakan Madrasah yang mengunggulkan keterampilan pada bidang Teknik Informasi dan Komunikasi (TIK), Multimedia dan Desain Komunikasi Visual serta berbasis literasi. [Nur/Dwi].

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS