Sedekah Bumi, Tradisi Turun-Temurun Warga Desa Kedungmulyo di Bangilan-Tuban

Penulis: Siti Lailatun Najihah

blokTuban.com - Tradisi sedekah bumi adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan secara turun temurun dalam waktu tertentu oleh masyarakat Desa Kedungmulyo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban.

Mayoritas tradisi sedekah bumi dilakukan oleh masyarakat Jawa yang identik dengan adat istiadat yang sudah melekat pada individu. Tradisi tersebut dilakukan dalam kurun waktu satu tahun sekali oleh masyarakat desa tersebut. 

Hampir semua warga desa ikut serta dalam tradisi sedekah bumi. Keikutsertaan masyarakat merupakan salah satu tindakan yang memiliki tujuan tertentu dalam acara tradisi sedekah bumi. 

Acara tradisi sedekah bumi di Desa Kedungmulyo juga terdapat panitia yang menyusun rangkaian acara yaitu  pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan mauidhoh hasanah oleh Bapak Mad Salim Setelah itu, acara ditutup  dengan  do’a bersama yang dipimpin oleh Bapak Kaur Kesra desa setempat. Setelah do’a bersama selesai, masyarakat saling bertukar berkat yang dibawanya masing-masing. 

Sedekah bumi di Desa Kedungmulyo dilaksanakan di bulan Suro penanggalan Jawa, bertempat di Makam Syekh Abdul Qohhar, yaitu salah satu sesepuh di Desa Kedungmulyo yang dikenal mempunyai karomah. 

Acara tersebut dimulai pada pukul 09:00 WIB sampai selesai. Sedekah bumi dilaksanakan sebagai bentuk  rasa  syukur masyarakat atas hasil bumi yang melimpah setiap tahunnya. Acara tersebut identik dengan  pertukaran berkat yang dibawa dengan ayam kukang sebagai menu wajibnya. [*]

 

*Penulis adalah Mahasiswi KKN PAR IAI Al-Hikmah Tuban di Desa Kedungmulyo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban.

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS