Datang dan Ikuti Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati Tuban Hari Ini, Berikut Rundown Acaranya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban bekerjasama dengan beberapa ppihak akan menggelar ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati, Selasa (9/8/2022).  

Acara inti dibagi dalam dua sesi. Pertama, prosesi ritual pukul 15.00 Wib di Dukuh Ngablak, Dusun Mlaten, Desa Kebomlati. Sedangkan sarasehannya pukul 19.00 Wib di Makam Mbah Nur Iman juga di Dukuh Ngablak, Dusun Mlaten, Kebomlati. 

Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati dijadwalkan berlangsung dua jam. Dimulai pukul 15.00 Wib dengan acara perjalanan ritual mandi menuju Bengawan Solo diiringi arak-arakan warga desa dengan alat dapur dengan dipandu sesepuh desa. 

Baca juga :

Banyak Narkoba Berkedok Makanan, Babinsa Kebomlati Imbau Anak Tidak Jajan Permen Sembarangan

Siswa KB Kusuma Bangsa Kebomlati Diajak Lebih Dekat dengan TNI AD

Unik, Anak TK PKK Kebomlati Kompak Pakai Baju Adat Jawa Tiap Rabu

Jadi Langganan Banjir, Warga Kebomlati Harapkan Bantuan dari Pemerintah

Lalu, pukul 15.30 Wib rangkaian pembukaan, sambutan dengan dipandu tokoh agama tanduk upacara adat dan doa bersama. Pukul 16.15 Wib dilanjutkan selametan dan sedekah uang receh, pukul 17.00 Wib acara tim ritual anak-anak berusia 7 bulan beserta ibunya mentas dari Bengawan Solo dan pulang ke rumahnya masing-masing.  

"Acara Tuku Banyu Nggawan Kebomlati kali ini, digelar oleh NGO dan Dinas Pariwisata," ujar Camat Plumpang, Saefiyudin kepada blokTuban.com. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS