Kronologi Dua Nelayan Tuban yang Hilang Baru Ketemu Satu, Kondisinya Selamat

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dua nelayan asal Desa Keradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban dikabarkan hilang pada Rabu (20/7/2022) sekitar pukul 19.30 Wib. Mereka dilaporkan ke petugas BPBD Tuban oleh salah satu warga setempat bernama Jupri. 

Kedua nelayan yang tak kunjung pulang itu, berangkat melaut sejak pukul 03.00 Wib dan belum menepi hingga pukul 19.30 Wib. Pihak keluarga dan nelayan khawatir, sehingga keduanya dilaporkan hilang. 

Nelayan yang dilaporkan hilang itu bernama Hendin Debi Setiawan (40) alamat Desa Keradenan Rt 2 RW 1 Palang, dan Rukadi (49) anak buah kapal alamat Desa Tasikmadu Rt 1 Rw 2 Palang. 

Kepala Pelaksana BPBD Tuban, Sudarmaji dalam laporannya menjelaskan, menurut informasi yang diterima nelayan setempat sempat melihat korban saat mengangkat jaring dengan jarak kurang lebih 10km sebelah baratnya Offshore Gagak Rimang. 

"Hingga sampai saat ini, nelayan dimaksud belum kembali ke rumah. Nelayan yang mengetahui saat korban beraktivitas atas nama Sutono sepupu korban," ujar Sudarmaji, Kamis (21/7/2022).

Saat ini, petugas melakukan assessment untuk mendapatkan laporan yang lebih valid dan melakukan koordinasi dengan warga setempat, Kecamatan, Polsek, dan Koramil serta melakukan loading peralatan jika dimungkinkan untuk operasi pencarian.

Selain itu, telah ada sekitar 10 nelayan yang melaut sambil mencari korban. Adapun korban yang selamat ditemukan atas nama Rukadi oleh nelayan di utaranya PLTU Tanjung Awar-awar sekitar 9-10 mil di buoy Pertamina di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Tuban.

"Korban kemudian dibawa menepi ke TPI Desa Glondong Gede, Kecamatan Tambakboyo lalu dibawa ke Puskesmas Tambakboyo untuk tindakan perawatan medis lebih lanjut," jelas mantan Kadis PRKP Tuban itu. 

Hasil koordinasi dengan pihak keluarga korban, Polairud, Polsek Tambakboyo beserta perwakilah HNSI Tuban, lanjut Darmaji untuk segera dilakukan operasi pencarian korban atas nama Hendin Debi Setiawan selaku pemilik perahu. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS