Doa Hendak Naik Kendaraan Agar Hati Tenang

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Setiap hari sebagian banyak orang beraktifitas menggunakan kendaraan, entah itu berupa transportasi umum atau pribadi. Lantas bagaimana lafal doa hendak naik kendaraan? 

 

Dilansir dari NU Online, setiap hendak naik kendaraan kita dianjurkan untuk membaca doa sebagaimana hadist riwayat yang dikutip Imam Nawawi mengutip riwayat Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasai dari Sayyidina Ali ra. 

 

Berikut doa hendak naik kendaraan:

1. Bismillah. 

2. Membaca doa: 

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ 

AlhamdulillāhilladzÄ«/subhānalladzÄ« sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahÅ« muqrinÄ«na, wa innā ilā rabbinā lamunqalibÅ«na. 

Artinya, “Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.”  

3. Alhamdulillāh (3x).  

4. Allāhu akbar (3x). 

5. Membaca doa: 

سُبْحَانَكَ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ 

Subhānaka innÄ« zhalamtu nafsÄ« faghfirlÄ« fa innahÅ« lā yaghfiruz dzunÅ«ba illā anta. 

Artinya, “Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau.” Demikian kelengkapan doa berkendaraan (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 188).