Berlibur ke Tuban, Jangan Lupa Mampir Plaza Ikan Tuban Pusatnya Ikan Asap

Reporter : Fahril Elly 

blokTuban.com - Musim liburan lebaran 1443 H semakin dekat, masyarakat biasanya memanfaatkan liburan untuk menikmati wisata atau pergi ke kampung halaman.

Tidak jarang dalam perjalanan berlibur tersebut, masyarakat kerap membawa barang atau makanan sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga. 

Ketika anda berlibur di Kabupaten Tuban atau melewati jalan pantura, jangan sampai melewatkan untuk membawa oleh-oleh ikan asap khas Tuban yang terletak di plaza ikan Tuban.

Pusat ikan asap tersebut berada di jalan PB. Sudirman Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota. Mudah sekali untuk menemukannya karena pasar ikan tersebut berada di tepi jalan nasional Pantura

"Kalau dulu sebelum pandemi biasanya kalau mudik lebaran rame, semoga tahun ini sudah normal mudik semoga bisa rame," kata Julaika (40), penjual ikan asap, Rabu (27/4/2022).

Julaika menjelaskan bahwa jenis ikan asap yang dijualnya ke pembeli bermacam-macam. Seperti ikan asap tongkol, dorang, Pe, salem dan masih banyak lagi. Selain menjual ikan asap juga menjual terasi, petis, ikan asin khas Kota Tuban.

Untuk harga ikan asap di Tuban tergolong murah. Ikan tongkol biasanya dijual Rp20 ribu hingga Rp30 ribu, ikan dorang Rp25 ribu, ikan Pe Rp5 ribu per potong, ikan salem Rp15 ribu hingga Rp20 ribu.

"Saya buka biasanya mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB," terangnya.

Sementara itu, salah satu pembeli ikan asap, Diana (32) dari Perbon Tuban mengaku sering belanja ikan asap di Plaza ikan Tuban. Menurutnya ikan asap yang dijual fresh dan pilihan ikan asapnya lengkap.

"Saya sering beli ikan asap di sini untuk dimasak sendiri di rumah," tutupnya. [Fel/Ali]