Jelang Mudik Lebaran 2022, Dishub Cek Terminal Tuban hingga Jalur Alternatif

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban mulai melakukan berbagai persiapan guna menghadapi mudik lebaran 2022 agar para pelaku perjalanan bisa aman dan nyaman dalam perjalanan.

Kepala Bidang Lalulintas Dishub Tuban, Yuli Imam Isdarmawan mengatakan telah melakukan berbagai persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Menurutnya, berbagai persiapan tersebut masih sama seperti tahun-tahun sebelum adanya pandemi Covid-19.  

“Kalau kita untuk persiapan lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya, sebelum adanya Covid itu kan melakukan berbagai persiapan,” terangnya kepada blokTuban.com, Sabtu (23/4/2022). 

Berbagai persiapan yang dimaksud diantaranya ialah meninjau lapangan serta melakukan survei lokasi jalur alternatif untuk pengalihan arus jalan apabila terjadi kemacetan. Menurutnya, rute utama yang digunakan oleh para pemudik melewati jalan Pantura, baik para pemudik dari arah selatan ataupun utara, untuk itu perlu adanya antisipasi sejak dini. 

Sedangkan untuk rute alternatifnya, lanjutnya yang bisa dilalui oleh para pemudik ialah jalan-jalan Kabupaten yang ada di Kabupaten Tuban. seperti Montong, Jojogan ataupun Merakurak. 

“Untuk rute alternatifnya nanti bisa jalan kabupaten mulai dari Montong, Jojogan sampai Merakurak Tuban, ataupun Rengel, Grabagan, Tuban itu jalan alternatifnya,” ujarnya. 

Selain itu, pihak Dishub juga akan melakukan pengecekan sejumlah angkutan umum di terminal Tuban. Dalam pengecekan tersebut nantinya akan meninjau atau menyeleksi angkutan umum yang memenuhi kriteria standar atau tidak. 

Hal itu, dimaksudkan agar masyarakat yang berencana mudik menggunakan angkutan umum bisa mudik dengan aman dan selamat hingga ketujuan, sehingga mengantisipasi terjadinya kecelakaan. 

“Ramcek besok setelah gelar pasukan, nanti kita juga akan laksanakan ramcek di lapangan,” imbuhnya. [Sav/Ali]