Tips Liburan Aman Orang Tua Bersama Anak Saat Gelombang Laut Naik

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pantai memang kerap kali menjadi tujuan tempat wisata bagi kebanyakan orang, terlebih di hari libur ataupun wekeend. Deburan ombak laut serta anginnya yang sejuk menjadi alasan tersendiri bagi masyarakat untuk memilih tempat ini dan menghabiskan waktu liburan.

Tak heran jika pantai sering menjadi primadona di kalangan masyarakat karena tempatnya yang asyik dan baik untuk digunakan sebagai tempat berwisata bersama keluarga. Akan tetapi, sayangnya tempat ini juga bisa menjadi ancaman saat musim hujan tiba, terlebih bagi anak-anak. 

Pasalnya, pada saat cuaca tidak bersabahat seringkali air laut menjadi naik dan pasang. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orangtua untuk mengajak anaknya bermain di pantai. 

Kekhawatiran tersebut dapat diatasi dengan melakukan beberapa hal agar liburan di pantai bersama dengan anak bisa lebih aman, tanpa merasa khawatir lagi. Dengan begitu, Dul salah satu pegawai Pantai Cemara memberikan tips kepada orangtua agar tidak merasa khawatir berlibur di pantai pada saat musim hujan. 

“Jika anak bermain di laut maka harus tetap dalam pantauan orang tuanya,” ungkapnya saat dikonfirmasi reporter blokTuban.com, Sabtu (5/3/2022). 

Dapat diartikan, sebaiknya orangtua tidak meninggalkan anak sendirian. Berenang bersama bisa menjadi solusi yang baik agar anak tetap dalam pengawasan. selain itu, orang tua juga dapat menetapkan batasan kepada anak dengan memberikan pengertian tentang dampaknya.

Dalam hal ini anak menjadi mengerti dan tahu batas mana yang boleh dan tidak boleh ia lewati. Tidak hanya itu saja, dengan batasan tersebut orangtua juga lebih mudah untuk melihat anaknya bermain, jadi tidak merasa was-was. 

Selanjutnya, pria berusia 40 tahun itu mengaku jika dalam hal ini akan ada pantauan dari pihak pengelola wisata. Yang mana orangtua juga harus memperhatikan lokasi dari penjaga pantai agar anak menjadi lebih aman lagi. 

“Tetap ada himbuan dari kami, pengunjung harus tetap waspada jangan main di dalam laut, agak menjauh dari bibir pantai kurang lebih 3 meter,” terangnya. 

Dengan demikian, Dul mengatakan jika cuaca sedang tidak bersahabat maka para pengunjung akan disarankan untuk bermainan permainan lain ataupun duduk bersantai sambil menikmati makanan di gazebo-gazebo yang sudah disediakan. [Sav/Ali]