Di Pantai Cemara, Kapolres Borong Ikan Asap Pedagang

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Dapat rezeki nomplok itulah yang dialami Karmining (40), seorang pedagang ikan asap keliling. Awalnya, belum satu pun dagangannya laku dilirik pembeli sejak pagi hari Kamis (29/10/2020). 

Perempuan asal Kecamatan Merakurak ini hampir setiap hari berjualan di wisata Pantai Cemara Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu. Terik panas matahari tak menyurutkan semangatnya untuk mengais rezeki. 

Sekitar pukul 11.30 WIB, Mbak Ning sapaannya didekati oleh beberapa polisi dan TNI. Awalnya kaget dan sedikit canggung karena khawatir ada kesalahan yang diperbuat. 

Suasana mendadak cair saat Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono menyapa Mbak Ning. "Berapa harga ikan asap per satu tusuk," tanya Kapolres Ruruh. 

Mbak Ning pun menjawab harga ikan mulai Rp10.000 sampai Rp20.000 per ekornya. Dialog pun bertambah gayeng antara keduanya. Disela candaannya, Mbak Ning berceletuk kalau pak Kapolres minta pasti tak kasih tidak usah beli. 

Mendengar itu, Kapolres Ruruh tersenyum dan langsung meminta Mbak Ning membungkuskan beberapa ekor ikan asap. Keseluruhan ada empat kantong plastik ikan asap ukuran sedang dan besar. 

Saat hendak membayar, Kepala Desa Sugihwaras, Nur Na'im berkeinginan membelikan Kapolres. Akan tetapi ditolak halus.dengan alasan nanti kalau yang membelikan Kades, maka yang dapat pahala bukan Kapolres. 

"Tujuan saya berbagi rezeki dengan pedagang," sambung Kapolres sambil tersenyum. 

Mbak Ning pun kemudian menghitung secara keseluruhan ikan asap yang diborong oleh pimpinan tertinggi di Polres Tuban. Totalnya ada Rp300.000, dan Kapolres memerintahkan Kasatlantas untuk memberikan uang Rp500.000. 

Tanpa diduga ikan asap yang telah dibeli bukan untuk Kapolres, melainkan dibagikan ke anggota polisi dan TNI yang berkenan. 

Saat dikonfirmasi Reporter blokTuban.com, Mbak Ning senang bukan kepalang karena baru Kapolres yang membeli dagangannya. Dia berterimakasih dengan Kapolres yang berbaik hati.

Ada tiga jenis ikan yang dijualnya, yakni ikan Tuna, Salmon, dan Togek. "Tadi ikannya semuanya Rp300.000 dan diberi uang Rp500.000," sambungnya. 

Setelah dagangan ikan asap mbak Ning diborong, tanpa diduga pedagang lainnya ikut mendekati rombongan Kapolres disela patroli di objek wisata bertepatan dengan libur panjang. 

Ada lima objek wisata yang dipantai Kapolres Ruruh. Mulai wisata Sunan Bonang, Pantai Kelapa, Makam Asmoroqondi, Pantai Sugihwaras, dan terakhir Pantai Semilir, Desa Socorejo Jenu. 

Disela patroli Kapolres berkesempatan dialog dengan beberapa pengunjung. Tujuannya mengampanyekan pentingnya protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Selain itu, mengingatkan untuk berhati-hati selama menikmati liburan panjang selama hari ke depan. [ali/col]