Punya Target Suntikkan 54 Ribu Vaksin, Begini Strategi yang Dilakukan Pemkab

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Pemerintah  Kabupaten (pemkab) Tuban mempunyai target menyuntikkan 54 ribu dosis vaksin pada masyarakat. Sehingga, upaya percepatan vaksinasi terus dilakukan. Salah satunya dengan memaksimalkan mobil vaksin keliling yang sampai saat ini masih terus berjalan.

Saat ini, jumlah vaksin yang tersedia sebanyak 22 ribu dosis, ditambah lima ribu dosis tambahan dari Polres Tuban. Dengan 200 mobil vaksin yang akan beroperasi dan melakukan vaksinasi dari rumah- kerumah setelah tarawih diharapkan bisa menuntaskan target.

“Diharapkan awal Mei target tersebut terpenuhi,’’ ujar Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE.

Vaksinasi yang sudah dilaksanakan, rerata masih untuk dosis pertama dan kedua. Sedang untuk vaksinasi booster, Mas Bupati menuturkan target yang dipasang adalah 10 hingga 30 persen. 

Saat ini, Kabupaten Tuban baru mencapai 7 persen vaksinasi booster, hal ini disebabkan karena sosialisasi mengenai vaksin booster belum maksimal. Ditargetkan tuntas 30 persen sebelum Idul Fitri.

“Karena yang seharusnya sudah waktunya vaksin booster, tapi mereka belum tau. Harus ada sosialiasi lagi, untuk mencapai target hingga idul fitri nanti,” tambah Mas Bupati.

Meski begitu, Bupati Tuban bersama Kapolres Tuban AKBP Darman memberikan apresiasi berupa penghargan kepada kecamatan dan puskesmas dengan capaian vaksinasi covid-19 terbaik yang sudah dilakukan. 

Berdasarkan evaluasi pelaksanaan mobil vaksin pedesaan dan percepatan vaksinasi covid-19 di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Senin (11/04/2022) lalu, ada tiga kecamatan dengan capaian vaksinasi terbaik. 

Penghargaan diberikan kepada Puskesmas terbaik pertama dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid 19 dengan capaian dosis 2 terbesar Puskesmas Jenu dengan capaian dosis 2 sebesar 94,51 persen dari target sasaran per tanggal 7 April 2002.

Juara kedua  Puskesmas Plumpang, dengan capaian vaksinasi dosis ke- 2 mencapai  89,29 persen dan disusul juara ketiga  Puskesmas Tuban dengan capaian vaksinasi 83,73 persen.

Juara harapan satu, Puskesmas Bulu dengan capaian vaksinasi dosis ke- 2 yaitu  83, 50 persen, harapan dua Puskesmas Widang dengan perolehan target vaksin mencapai 82,50 persen dan juara ketiga Puskesmas Jatirogo mencapai 81,2 persen.

“Dengan adanya kreativitas dan kerja keras dari Forkopimcam, Pemdes, hingga Puskesmas, alhamdulillah capaian target vaksinasi di Kabupaten Tuban bisa tercapai,” kata Mas Bupati.

Adanya strategi berupa mobil vaksin yang menjemput langsung ke rumah-rumah warga, vasinasi bisa terlaksana secara merata. Saat ini pun, vaksinasi dengan konsep mobil masih berjalan dan beroperasi setelah salat tarawih.[ono]