Sehari Mobil Vaksinasi Keliling di Palang, 189 Warga Disuntik Vaksin

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Mobil vaksinasi terus berkeliling di Kabupaten Tuban salah satunya di Kecamatan Palang. Dalam sehari pada 1 Maret kemarin, sejumlah 189 warga berhasil disuntik vaksin dosis 1,2 maupun booster. 

Vaksinasi keliling pedesaaan dengan cara jemput bola itu, untuk meningkatkan capaian vaksinasi di Kabupaten Tuban. Babinsa Koramil 02 Palang Pelda Lik Hadi mengatakan, dalam sehari ada lima desa yang disasar mobil vaksinasi, yaitu Desa Pucangan, Tegalbang, Cendoro, Keradenan, dan Ngimbang. 

"Terobosan ini mendekatkan masyarakat yang jauh dari pusat kesehatan supaya dapat terjangkau vaksinasi," ujarnya, Rabu (2/3/2022).

Pada kesempatan itu, petugas menyiapkan vaksin jenis Sinovac, Astrazeneta dan Pfizer. Diharapkan dengan adanya mobil vaksin pedesaan, segera mencapai target cakupan vaksinasi terbaru untuk wilayah Tuban khususnya di Kecamatan Palang.

Babinsa mengingatkan kepada seluruh masyarakat Palang untuk meningkatkan protokol kesehatan demi mencegah persebaran Covid-19 yang belakangan ini kembali merebak. Target cakupan vaksinasi menjadi catatan penting dalam membentuk herd immunity bagi masyarakat.

"Dengan kekebalan kelompok saja tidak cukup untuk mencegah persebaran virus. Langkah preventif pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan tetap menjadi hal yang utama," imbuhnya. 

Sebagaimana diketahui, Pemkab Tuban telah melauncing mobil vaksin pedesaan di Alun-alun Tuban, pada Rabu (23/2) lalu. Jumlah kendaraan yang disediakan sejumlah 207 unit, terdiri dari 154 mobil ambulan desa, 20 mobil polsek dan 33 mobil dari puskesmas.

Untuk saat ini Kabupaten Tuban, Jawa Timur kembali masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2. Dengan capaian vaksinasi untuk lansia mencapai 74 persen untuk dosis pertama dan 59 persen untuk dosis kedua. Untuk capaian vaksinasi usia 6-11 mencapai 91 persen untuk dosis pertama dan 65 persen untuk dosis kedua. [Ali]