15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   14:00 . TNI AD dan PMI Tuban Terus Kolaborasi Penuhi Pasokan Darah Saat Pandemi   |   12:00 . Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit di Tuban Naik Menjadi Rp65 Ribu per Kilogram   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |   12:00 . Lepas Sambut Dandim 0811 Tuban, Bupati Halindra Ungkap Kenangan Manis Bersama Viliala Romadhon   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Seperti Saat Idul Fitri, Pemerintah Tiadakan  Mudik dan Pulang Kampung Saat Nataru

bloktuban.com | Thursday, 25 November 2021 11:00

Seperti Saat Idul Fitri, Pemerintah Tiadakan  Mudik dan Pulang Kampung Saat Nataru PEMBATASAN : Liburan Natal dan Tahun ada Pembatasan (foto : dokumen blokTuban)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Berdasarkan Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 tahun 2021, tentang pencegahan dan penanggulangan corona pada saat Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), ada sejumlah aturan yang diberlakukan.

Salah satunya aturan mudik, pulang kampung hingga bepergian. Mendagri, M. Tito Karnavian meminta Satgas di tiap Kabupaten/Kota untuk menyosialisasikan peniadaan mudik Nataru kepada warga masyarakat dan masyarakat perantau yang berada di wilayahnya.

"Apabila terdapat pelanggaran maka dilakukan pemberian sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," ujar Tito dalam Inmendagri, Kamis (25/11/2021).

Masyarakat juga dihimbau untuk tidak bepergian, tidak pulang kampung dengan tujuan yang tidak primer/tidak penting/tidak mendesak. Ditambah akan ada pengetatan arus pelaku perjalanan masuk dari luar negeri termasuk pekerja migran Indonesia (PMI) sebagai antisipasi tradisi mudik Nataru.

Sementara di Tuban, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban, Arif Handoyo mengatakan untuk Nataru pemerintah menerapkan PPKM level 3 untuk semua wilayah di Indonesia. Antara tanggal 24 Desember - 2 Januari 2022, sehingga Pemkab Tuban tetap akan mengikuti kalau pemerintah menerapkan PPKM level 3.

"Artinya dengan level 3 maka akan ada pembatasan-pembatasan kegiatan masyarakat," kata Arif  mantan Kabag Hukum Pemkab Tuban itu.

Arif mengatakan beberapa contoh pembatasannya. Mulai dari fasilitas umum dan area publik ada pembatasan kapasitas, resepsi pernikahan dibatasi maksimal 25 persen, pembatasan makan minum di warung dan lain sebagainya.

Larangan mudik di Tuban bukan hanya Nataru, tetapi juga terjadi saat lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah, pada  bulan Mei 2021 lalu. Latar belakang larangan tersebut sama yaitu antisipasi lonjakan kasus corona pasca libur.

Sampai sekarang, Tuban berstatus PPKM Level 3 karena vaksinasi baru 54 persen untuk umum dan 33 persen Lansia. Pemkab terus bekerja keras untuk mencapai angka 70 persen.

Sebelumnya Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menegaskan, Forkopimda dan seluruh pihak yang terlibat telah bersepakat untuk mencapai target level 1 PPKM dengan peningkatan capaian vaksinasi.

“Saat ini kita sudah sepakat untuk bisa level 1 PPKM, makanya harus ada akselerasi percepatan capaian vaksinasi,” kata Bupati Halindra.

Dalam gebyar vaksin pekan lalu, sebanyak 115 ribu dosis disuntikkan ke masyarakat. Rinciannya 15 ribu dari Pemkab, 50 ribu dari TNI, dan 50 ribu dari Polri, dengan target capaian vaksinasi 70 persen untuk umum dan 60 persen untuk Lansia dosis pertama. [ali/ono]

 

Tag : pembatasan nataru, tuban, pembatasan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more