Air Terjun Dong Gong, Pesona Alam Tersembunyi di Desa Kumpulrejo

Reporter : Siti Yuhani Lailatul Erlina Nur Rahmawati

blokTuban.com - Kabupaten Tuban memiliki keindahan alam yang memikat, tidak hanya pantai dan gua Kabupaten Tuban memiliki beberapa air terjun yang indah dan asri untuk dinikmati kesegarannya, salah satunya yaitu air terjun Dong Gong.

Sebagai salah satu destinasi wisata alam, air terjun Dong Gong memiliki keindahan yang menarik perhatian pengujung. Bebatuan yang ada disekitar air terjun dan lokasinya yang berada didataran tinggi menampilkan kesejukan hijaunya persawahan dan ladang yang menjadikan panorama air terjun Dong Gong semakin eksotis untuk dinikmati.

Air terjun Dong Gong terletak di lahan milik perhutani tepatnya di Dusun Tuwiwian, Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban. Berjarak sekitar 37 km dari Kota Tuban ke arah selatan. Lebih dekat ketika dikunjungi dari arah Bojonegoro maupun Rembang, Jawa Tengah.

Pesona air terjun dengan debit air yang cukup deras di musim hujan memberikan hawa sejuk dan juga menyegarkan. Pesona yang ditawarkan melalui bebatuan dan alamnya yang hijau sangat cocok untuk dijadikan spot foto.

Keberadaan air terjun Dong Gog masih jarang diketahui oleh khalayak umum. Pada tahun 2020 karang taruna Dusun Tuwiwian berusaha memperbaiki medan menuju air terjun Dong Gong agar mudah dilalui para pengunjung dan menanami tumbuhan di sekeliling jalur menuju air terjun. Tak hanya itu, juga terdapat beberapa gubuk untuk beristirahat dan menikmati keindahan alam sekitar air terjun. 

“Pada tahun 2020 saya dan anggota karang taruna berusaha memperbaiki tempat tersebut, kemudian air terjun Dong Gong mulai rame dikunjungi warga sekitar, namun dari pihak perhutani dan pemerintah belum ada tanggapan," ujar Aris penggerak wisata air terjun Dong Gong kepada blokTuban.com, Minggu (10/4/2022). 

Ditambahkan oleh Aris, karena belum melalui proses pembangunan dan pembukaan secara resmi, air terjun Dong Gong masih sepi pengunjung dan masih benar-benar terjaga keasriannya. [Lina/Ali]