18:00 . Sosiawan Leak Tour ke Tuban, Antusias Berpuisi Tinggi   |   17:00 . Sinopsis Film Argantara yang Dibintangi Aliando dan Natasha Wilona   |   16:00 . Nasabahnya Jadi Korban Link Mirroring , BRI Tuban: Itu Keteledoran, Tak Ada Ganti Rugi   |   15:00 . Film Berjudul Sandal, Antarkan Guru Tuban Juara di GCC Batch 3   |   14:00 . Cabai dan Tomat di Tuban Turun Rp3.000, Telur Ayam Naik Rp1.833 per Kilogram   |   13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekening Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Segelas Teh dan Sepiring Rujak di Air Terjun Nglirip

bloktuban.com | Friday, 01 April 2022 17:00

Segelas Teh dan Sepiring Rujak di Air Terjun Nglirip Teh dan rujak merupakan kjuliner favorit yang diburu wisatawan di Air Terjun Nglirip Tuban. [Foto:Erlin/blokTuban.com)

Reporter: Siti Yuhani Lailatul Erlina

blokTuban.com - Wisata Air Terjun Nglirip yang terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban kini memiliki ikon kuliner yang unik. Ikon tersebbut adalah teh dan rujak yang menjadi camilan murah dan sehat bagi pengunjung. 

Rujak merupakan makanan segar yang berisi irisan buah-buahan segar yang berbalur dengan bumbu perpaduan gurih dan manis. Rasanya yang enak dan membuatnya mudah, sehingga heran digemari oleh semua kalangan. 

Semua yang pernah datang ke Air Terjun Nglirip sudah dipastikan mengagumi pesonanya. Tak heran jika objek wisata yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) itu ramah pengunjung setiap harinya.   

Ketika hari libur jumlah wisatawan bertambah pesat dari hari-hari biasa. Kesempatan itu menjadi berkah bagi pedagang lokal baik membuka lapak rujak di dalam maupun luar lokasi wisata. 

Salah satu pedagang yaitu Sri Wahyuni yang sudah enam tahun berjualan rujak mengatakan, awalnya hanya satu pedagang yang berjualan rujak semenjak wisata alam di Tuban Selatan buka. 

Tak berselang lama, ide jualan rujak kemudian banyak yang diikuti jejaknya karena peminatnya bertambah sambil menikmati keindahan air terjun," ungkapnya kepada blokTuban.com, Jumat (1/4/2022).

Sri menambahkan, cara pembuatan rujak hampir sama seperti rujak-rujak pada umumnya, namun yang membedakan rujak Nglirip berbeda dengan rujak lain adalah pada bumbunya.

Resep pada rujak tersebut adalah cabai, terasi, garam, asam jawa, gula jawa, kacang, dan petis. Adapun isi dari rujak terdiri dari buah-buahan segar, diberi lalapan tahu dan krupuk dan ditambah dengan sayuran kangkung dan tauge. 

Perpaduan antara gula jawa, kacang, dan petis menjadikan rasa pada rujak berbeda dengan rujak pada umumnya. Harganya pun tak bikin kantong jebol, untuk segelas teh tiga ribu per gelas dan rujak tak lebih dari 10 ribuan per piringnya. 

Hasil jualan rujak tersebut meningkatkan omset pedagang di sekitar Nglirip. Setiap pedagang mayoritas memiliki dua karyawan di hari-hari biasa dan sampai empat karyawan di hari libur. 

Cerita pedagang yang kerap menjadi tujuan pemburu kuliner, wisatawan Nglirip bukan hanya dari kabupaten Tuban, tetapi ada yang datang dari Bojonegoro, Babat, Blora, Lamongan, bahkan sampai Kota Surabaya. [Lin/Ali]

Tag : Kuliner Nglirip, Air Terjun Nglirip, Teh dan Rujak, Wisata Tuban, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat