Keren! Lokasi Pasca Tambang disulap Jadi Destinasi Instagramable

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com – Kabupaten Tuban merupakan salah satu wilayah yang memiliki  beberapa  lokasi penambangan kapur, baik yang masih aktif ataupun tidak. 

Biasanya, lokasi penambangan kapur yang sudah tidak dipergunakan lagi, akan menjadi tempat yang kosong dan menjadi tempat pembuangan sampah para masyarakat sekitar.

 Namun, saat ini sudah banyak orang yang menyadari jika hal tersebut keliru. Karena lahan kosong tersebut, jika dikelola bisa menjadi tempat yang memiliki banyak manfaat.

Oleh karena itu, saat ini banyak masyarakat yang menjadikan lokasi bekas tambang sebagai tempat wisata baru. 

Salah satu wisata baru di Tuban yang memanfaatkan lokasi bekas tambang yaitu JJ Water Park, yang berada tepat di Dusun Layut, Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang. 

“Ini pasca tambang, batu kumbung lalu dikelola oleh per orangan,” ucap Teguh salah satu karyawan JJ Water Park, kepada blokTuban.com pada Kamis (6/1/2022). 

Wisata yang resmi dibuka sejak tanggal 29 Desember 2021 tersebut, saat ini memiliki berbagai fasilitas seperti kolam renang, wahana perosotan, gazebo, view pemandangan instagramable, kamar mandi hingga kantin yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. 

Untuk dapat memasuki wahana tersebut, para pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang dan sudah bisa menikmati segala fasilitas yang telah disediakan dengan sepuas hati.   

“Kedalaman untuk airnya satu meter, karena masih ada anak-anak yang disini. Jadi kita mengisi airnya nggak berani penuh dulu, jadi anak usia SD bisa ikut berenang disini,” ujarnya. 

Karena wisata tersebut berada di lokasi pasca tambang, maka kesulitan yang sering dikeluhkan oleh para pengunjung ada pada akses jalan masuk yang masih terjal. 

Namun kendati demikian, tidak sulit untuk menemukan lokasi wisata baru satu ini, karena lokasi wisata sudah bisa diakses melalui google maps, selain itu juga terdapat petunjuk arah menuju tempat wisata tersebut.    

 Untuk saat ini, Teguh mengaku jika keunggulan dari wisata JJ Water Park ini ada pada wahana perosotan yang menjulang tinggi, yang saat ini belum bisa ditemukan diberbagai wahana yang ada di Kabupaten Tuban.[sav/ono]