11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |   14:00 . Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari   |   13:00 . Resep Keju Aroma, Jajanan Kekinian Cocok Untuk Ide Jualan dari Rumah   |   12:00 . Polres Tuban Tampilkan Kolosal Bumi Putera di Gebyar Malam Puncak Harmoni Nusantara 2022   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tradisi Ramadan di Tuban, Puluhan Masyarakat Berebut Bubur Sunan Bonang

bloktuban.com | Wednesday, 06 April 2022 11:00

Tradisi Ramadan di Tuban, Puluhan Masyarakat Berebut Bubur Sunan Bonang Bubur Syuro selalu menjadi buruan warga saat bulan Ramadan di Tuban. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Bubur Syuro atau yang biasa dikenal dengan bubur Sunan Bonang merupakan menu takjil yang sangat digemari masyarakat di Kabupaten Tuban. Setiap tahunnya, bubur ini selalu dibagikan secara gratis di bulan Ramadan oleh Yayasan Mubarok Sunan Bonang sebagai tradisi yang sudah ada sejak turun temurun dan tetap lestari hingga saat ini. 

Cita rasa bubur khas Timur Tengah, membuat masyarakat tidak mau terlewat untuk menyantap makanan satu ini saat berbuka puasa. Tak heran jika banyak masyarakat rela antri panjang untuk dapat menikmati sepiring bubur bersama dengan keluarga tercinta. 

Meskipun tradisi Ramadan khas Kabupaten Tuban ini sempat terhenti karena Pandemi, akan tetapi tahun ini bubur Sunan Bonang kembali dibagikan kepada warga sekitar di halaman Masjid Astana Sunan Bonang setelah selesai melaksanakan ibadah salat Ashar. 

"Selalu ada setiap tahun, dulu saat awal pandemi sempat berhenti nggak bikin cutilah, dua tahun ini sudah dimulai lagi seperti biasanya," ungkap Kasiatun salah satu juru masak bubur Sunan Bonang, kepada blokTuban.com, Rabu (6/4/2022). 

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, bubur Sunan Bonang yang berada di dua wajan besar tersebut ludes dalam hitungan kurang dari satu jam. Nampak puluhan warga baik dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia menyerbu para petugas dengan mengelilingi area pembuatan bubur sambil membawa bekal wadah dari rumah masing-masing. 

Kendati nampak berdesakan, namun suasana tetap terlihat kondusif dan aman. Salah seorang masyarakat yang turut antre, Ina mengaku hampir setiap hari di bulan Ramadan selalu mengantre untuk mendapatkan bubur Sunan Bonang karena cita rasa khas yang tidak dimiliki oleh tempat lain. 

"Setiap puasa Ramadan mulai dibagi kita ambil di sini, karena rasanya khas nggak ada di tempat lain. Jadi khusus di sini tiap Ramadan buburnya rasanya nggak pernah berubah khasnya Ramadan di Kutorejo ini," terangnya setelah selesai mengantre. 

Perempuan ramah ini, mengaku setiap mengambil bubur Sunan Bonang selalu membawa tiga tempat piring untuk disantap bersama anggota keluarga lain. Selain mengantre bubur Syuro, Ina juga sesekali mengantre bubur Mudhor yang terletak di Jl. Pemuda. Menurutnya, rasa dari kedua bubur ini jauh berbeda. 

"Di Mudhor kadang juga ke sana kalau pingin yang ke sini ya ke sini, karena rasanya beda kalau yang di sana ada rasa Arabiannya ada rasa gulainya kalau di sini rempah asli kadang ada yang mau coba bikin sendiri rasanya beda," beber perempuan asal Kutorejo itu. [Sav/Ali]

 

Tag : bubur syuro, bubur sunan bonang, takjil tuban, ramadan di tuban, antre bubur, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat