Akhir Pekan, Peziarah di Wisata Religi Sunan Bonang Membludak

 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Kabupaten Tuban memang memiliki banyak wisata religi yang dapat dikunjungi, pasalnya di Kabupaten Tuban terdapat banyak makam-makam wali. Maka tak heran jika kota ini dijuluki sebagai Bumi Wali. 

Setiap harinya, banyak masyarakat yang berlalu lalang untuk mengunjungi wisata religi di bumi wali, terutama di akhir pekan seperti saat ini. Ada banyak pilihan tempat yang bisa dikunjungi, salah satunya ialah Wisata Religi Sunan Bonang. 

Dari pantauan blokTuban.com pada Minggu (30/1/2022), ratusan peziarah memadati berbagai area pemakaman. Menurut Yoto, salah satu pedagang di area pemakaman bahwa hal tersebut biasa terjadi di akhir pekan. 

“Kalau Sabtu sama Minggu seperti saat ini memang ramai pengunjungnya alhamdulillah,” ujarnya saat ditemui di lokasi. 

Pria yang setiap harinya menjajakan berbagai macam gelang tersebut, mengaku senang lantaran banyak peziarah yang melirik dagangannya itu. Sebelum berjualan menetap seperti saat ini, ia mengaku jika sebelumnya menjajakan dagangan secara asongan. 

Sementara Wiwik, salah satu peziarah yang datang bersama rombongan mengatakan jika ia dan anggota keluarganya memanfaatkan libur akhir pekan untuk berziarah ke Makam Sunan Bonang, agar hari liburnya diisi dengan kebaikan. 

"Kalau ke sini seringnya hari Minggu, sama keluarga besar. Soalnya kalau hari minggu semua keluarga libur kerja termasuk anak-anak juga libur sekolah, mengisi waktu libur dengan yang bermanfaat lah,” ungkapnya. 

Wanita asal Widang itu melanjutkan, meskipun di hari wekeend banyak peziarah lain yang datang dari berbagai wilayah, tidak ada rasa cemas pada dirinya jika akan tertular Covid-19 karena sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

“Yang penting protokol kesehatannya tetap dilakukan, memakai masker dan cuci tangan, insyaallah sudah aman, disini petugasnya juga selalu mengingatkan saat masuk makam wajib memakai masker,” tambahnya.  

Selain libur akhir pekan, perempuan ramah itu juga mengaku jika biasa pergi ke Makam Sunan Bonang menjelang Bulan Ramadan. [sav/col]