15:00 . Film Berjudul Sandal, Antarkan Guru Tuban Juara di GCC Batch 3   |   14:00 . Cabai dan Tomat di Tuban Turun Rp3.000, Telur Ayam Naik Rp1.833 per Kilogram   |   13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekenig Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |   15:00 . Peringati Hari Pohon se-Dunia, 22 Komunitas dan Ormas Gelar Reboisasi di Tuban-Bojonegoro   |   14:00 . Setujui APBD Tuban 2023, Fraksi PKB DPRD Ajukan 18 Syarat   |   13:00 . Hindari Jalan Longsor, Truk Molen di Tuban Terguling ke Sawah   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bubur Muhdhor Tuban, Takjil Gratis Rasa Khas Timur Tengah yang Eksis Sejak 1937

bloktuban.com | Tuesday, 05 April 2022 14:00

Bubur Muhdhor Tuban, Takjil Gratis Rasa Khas Timur Tengah yang Eksis Sejak 1937 Sebagian warga Tuban memilih Ngabuburit dengan cara mengantre bubur Muhdhor di Jalan Pemuda Tuban. (Foto:Fhel/blokTuban.com)

Reporter : Fahril Elly

blokTuban.com - Bulan Ramadan 1443 Hijriyah merupakan bulan yang memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam di seluruh dunia. Seperti antusias masyarakat Kabupaten Tuban, Bulan Ramadaan memberikan kesan yang menyenangkan dibanding dua tahun sebelumnya. 

Mereka rela mengantri panjang agar mendapatkan bubur Muhdhor gratis khas Timur Tengah di halaman Masjid Al Muhdhor Tuban Jalan Pamuda, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban.

Bubur tersebut dibuat oleh warga keturunan Arab. Uniknya yang memasak bubur tersebut adalah semua laki-laki. Bubur tersebut merupakan tradisi yang sudah dilakukan sejak tahun 1937. 

Bubur yang terbuat dari bahan utama daging kambing tersebut memiliki aroma yang khas. Membuat puluhan warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa berebut rela mengantri untuk mendapatkan Bubur Muhdhor.

Tradisi pembagian Bubur Muhdhor di Kampung Arab tersebut dilakukan sepanjang bulan Puasa Ramadan mulai pukul 16.30 atau sebelum waktu buka puasa di ruas Jalan Pemuda Tuban.

Pria, wanita, anak-anak bahkan orang tua berdesak-desakan, sambil menenteng piring atau mangkuknya untuk menunggu pembagian Bubur Muhdhor. Seperti yang diungkapakan oleh Nida (17), dirinya mengaku selalu mengantri di Masjid Muhdhor sejak kecil setiap bulan Ramadan tiba.

"Setiap Ramadan dari kecil saya selalu ikut mengantri, rasanya enak semua anggota keluarga di rumah suka jadi saya rela untuk mengantri panjang," ungkap Nida kepada blokTuban.com, Senin (4/4).

Ramadan tahun ini, menurut Nida sekaligus menjadi pengobat kerinduan warga masyarakat Kota Tuban terhadap bubur legendaris itu. Tahun ini adalah tahun pertama Bubur Muhdhor dibagikan kembali setelah dua kali Ramadan Bubur tersebut tidak dibagikan. 

Hal tersebut dikarenakan pandemi Covid-19 pada tahun sebelumnya, membuat pembagian bubur tidak dilakukan untuk menghindari kerumunan masyarakat.

Bubur yang dibuat dari beras biasa dengan dicampuri bumbu gulai, daging kambing, santan, garam dan rempah-rempah yang didatangkan langsung dari Timur Tengah. Untuk membuat bubur tersebut, setiap harinya menghabiskan 10 kilogram daging kambing dan 30 kilogram beras.

Bubur tersebut dibuat langsung di halaman Masjid Al Muhdhor oleh empat warga keturunan Arab. Bubur yang dimasak selama kurang lebih dua jam diaduk tanpa henti dan dimasak di sebuah tungku besar setinggi satu meter. 

Pembuatan Bubur Muhdhor pada saat itu dimaksudkan untuk takjil buka puasa dan dibagikan kepada seluruh umat Islam terutama bagi warga kurang mampu dan tetangga sekitar Masjid.

Pada akhirnya semua orang sangat menyukai Bubur Muhdhor, sehingga pengurus Masjid Muhdhor memperbolehkan semua warga masyarakat Tuban atau bahkan masyarakat luar Tuban dapat mengantri untuk mendapatkan bubur khas Timur Tengah tersebut. [Fhel/Ali]

 

Tag : Bubur Muhdhor Tuban, Khas Timur Tengah, Legendaris sejak 1937, Kuliner Tuban, Bubur Ramadan, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat