08:00 . Harga Emas AntamHari Ini 7 Desember 2022 Stagnan di Level Rp984.000   |   18:00 . Tak Bisa Berenang, Pelajar Tuban Tewas Tenggelam di Telaga Saat Mandi   |   17:00 . MTQ XXX 2022 Dibuka, Ajang Tuban Membumikan Alquran   |   16:00 . BNPB Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Picu Tsunami   |   15:00 . SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet   |   14:00 . Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar   |   13:00 . IDe AsSALAM Antarkan UINSA Terima Penghargaan TOP 45 tahun 2022   |   12:00 . Serahkan Kaporlap pada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban : Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri   |   11:00 . Tak Patut Dicontoh, Video Dewasa Viral di Tuban dan Balita Ikut Terekam   |   10:00 . Anjlok Rp15.000 Per Gram, Harga Beli Emas Antam Turun di Level Rp984.000   |   09:00 . Erupsi Gunung Semeru di Indonesia, Jepang Waspada Ancaman Gelombang Tsunami?   |   08:00 . Doa yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW Setiap Hari   |   07:00 . Jadwal Tayang Enam Film di Bioskop NSC Tuban 6 Desember 2022   |   06:00 . Cabai Keriting di Tuban Naik Rp2.000, Bawang Merah Rp1.000/Kg   |   05:00 . Update Cuaca 6 Desember 2022: Empat Wilayah Tuban Hari Ini Hujan Petir   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sempat Ditutup Semalam, Wisata Religi Sunan Bonang Ramai di Awal Tahun 2022

bloktuban.com | Saturday, 01 January 2022 14:00

Sempat Ditutup Semalam, Wisata Religi Sunan Bonang Ramai di Awal Tahun 2022 RAMAI : Pengunjung Wisata Religi Makam Sunan Bonang juga Ramai (foto:dina)

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Kabupaten Tuban dijuluki sebagai Kota Bumi Wali karena banyak wali yang dimakamkan di Tuban, seperti Sunan Bonang, Asmoroqondi, dan Sunan Bejagung. Tak heran jika lokasi wisata religi juga selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Lokasi wisata religi yang paling terkenal di Tuban adalah Sunan Bonang, meskipun sempat ditutup sementara kemarin malam (31/12/2021) pada pukul 18.00 WIB, hari ini pada Sabtu (1/1/2022) pengunjung sudah kembali ramai.

Asmunik, salah satu karyawan yang ada di kawasan Sunan Bonang megungkapkan bahwa semenjak PPKM di Kabupaten Tuban selesai, pengunjung rata-rata Sunan Bonang pada akhir pekan (Sabtu-Minggu) mencapai 3-4 ribu orang. 

“Kalau hari biasa nggak sampai, ini kebetulan kan Sabtu jadi ramai, tapi ini sebenarnya juga jauh berkurang kalau dibanding yang sebelum ada pandemi,” jelasnya.

Perempuan asal Desa Bejagung itu mengatakan bahwa mayoritas pengunjung masih dari sekitar Jawa Timur. 

“Dari luar Jatim juga ada tapi masih belum terlalu banyak,” terangnya.

Sementara itu, Mukhtarom Pengurus Yayasan Mabarot Sunan Bonang (YMSB) mengatakan bahwa pengunjung benar-benar harus patuh protokol apabila hendak memasuki kawasan Sunan Bonang. 

“Cuci tangan harus, petugas setiap hari lewat microphone selalu memantau dan menegur pengunjung yang tidak taat prokes. Kalau nggak pakai masker nggak boleh masuk, ada itu bapaknya nggak pakai masker ya yang boleh masuk anak sama istrinya saja. Kita ketat kalau protokol, kalau udah beli masker baru boleh masuk,” jelasnya.

Mukhtarom juga mengungkapkan bahwasanya pagi tadi kawasan Sunan Bonang juga dikontrol dan dipantau langsung oleh pihak kepolisian. 

“Tadi ada 5 petugas turun sama ninggal masker ini. Apa yang dilakukan pemerintah ini nggak hanya himbauan tapi langsung kita laksanakan,” terangnya.

Ia melanjutkan bahwa dengan selesainya PPKM mulai September kemarin sedikit demi sedikit membangkitkan ekonomi pedagang sekitar.

 “Selama pandemi kan nggak ada pengunjung masuk, jadi pedagang yang menjerit. Karyawannya Sunan Bonang tetap dibayar meskipun ndak ada pengunjung tapi ya minus banyak,” bebernya.

Bendahara dua YMSB tersebut mengungkapkan bahwa ramai tidaknya pengunjung sunan bonang berkaitan pula dengan berbagai sektor, tidak hanya semata-mata dari sektor wisatanya. “Ini kan kalau dari parkiran Kebonsari sana tutup ya sini nggak ada pengunjung. Pengendalinya juga dari Dinas Perhubungan sana, jadi wisata ini berhubungannya dengan banyak pihak, dinas pariwisata, dinas perdagangan, keamanan,” terangnya.

Salah satu peziarah asal Bojonegoro mengungkapkan bahwa seringkali mengunjungi sunan bonang bersama keluarga besar saja.

 “Kebetulan sekarang ini libur awal tahun, satu keluarga naik elf dari Bojonegoro. Ziarah di Tuban saja, habis dari Sunan Bonang ke Asmoroqondi nanti,” ungkapnya. [din/ono]

 

 

Tag : makam sunan bonang, pengunjung, wisata religi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat