16:00 . Kecelakaan Maut, Pengendara Scoppy Meninggal di Jalur Pantura   |   15:00 . Satya WY Paparkan Soal Transisi Energi di Indonesia pada Pacific Energy Summit   |   14:00 . Bupati Lindra: Pemkab akan Prioritaskan Penguatan Jalan   |   13:00 . Pesan Presiden ke Bupati, Percepat Vaksinasi dan Perketat PPKM   |   12:00 . Pemilik Penginapan di Jenu Diminta Waspada   |   11:00 . Gubernur Khofifah : Bu Haeny Mentor Utama Bupati   |   08:00 . Tak Datang ke Grahadi, Wabup Terpilih Dilantik Online   |   07:00 . Ini Cara Cetak Kartu BPJS dari Hanphonr   |   06:00 . Selamat & Sukses Atas Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tuban   |   17:00 . Desa Simo dan Menilo Akan Dipasangi Pipa Air Minum   |   16:00 . Petugas Kesehatan dan TNI Lakukan Tracing di Sandingrowo   |   15:00 . Salami Anggota saat Pamit, AKBP Ruruh Berkaca-kaca   |   14:00 . Pendapa Dibanjiri Karangan Bunga   |   13:00 . Tak Menyerah, Omzet Dagangan Gading Meningkat setelah Pakai Motor Roda Tiga   |   08:00 . Ternyata Banyak Insinyur yang Belum Teregistrasi sesuai UU   |  
Mon, 21 June 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Berdiri Megah dengan Ciri Khas Timur Tengah, Masjid Baitul Mu'min di Mapolres Tuban Diresmikan

bloktuban.com | Saturday, 08 May 2021 21:00

Berdiri Megah dengan Ciri Khas Timur Tengah, Masjid Baitul Mu'min di Mapolres Tuban Diresmikan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bangunan masjid dua lantai yang berdiri megah di lingkungan Mapolres Tuban akhirnya diresmikan. Peresmian masjid yang diberi nama 'Baitul Mu'min' itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono didampingi Bupati Tuban dan Dandim 0811 Tuban, Sabtu (8/5/2021).

Usai diresmikan, masjid Baitul Mu'min tersebut langsung digunakan untuk melaksanakan salat maghrib berjamaah dilanjutkan salat isyak dan salat sunnah tarawih berjamaah.

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono pada kesempatan itu menyampaikan, hal yang melatarbelakangi pembangunan masjid megah tersebut karena kondisi masjid lama yang kurang memadai.

Sebab, bangunan masjid lama yang didirikan sejak 15 tahun lalu itu berada diatas tanah seluas 16x16 meter dan hanya mampu menampung sekitar 80 jamaah dalam kondisi normal.

Sedangkan pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini harus mengurangi jumlah jamaah untuk memenuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

"Ide Pembangunan masjid ini pertama kali muncul ketika saya salat di masjid yang lama. Seketika saya terpanggil untuk membangun masjid, mohon maaf karena masjid lama itu tempat wudlunya ada tapi toiletnya tidak ada, kapasitasnya pun juga terbatas," kata ujar Kapolres Tuban.

Kapolres kelahiran Ngawi itu menjelaskan, didirikannya masjid dengan ciri khas Timur Tengah dan interior full marmer ini bukan dalam rangka untuk berlomba membangun masjid yang megah.

Melainkan bagaimana nantinya anggota Polres Tuban dapat memakmurkan masjid dengan memanfaatkanya untuk sarana beribadah baik wajib maupun sunnah serta kegiatan keagamaan lainnya.

Dia berharap, pembangunan Masjid Baitul Mu'min tersebut dapat menumbuhkan motivasi anggota Polres Tuban untuk lebih taat beribadah serta dijadikan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Mudah-mudahan peresmian masjid ini menjadi berkah untuk kita semua. Terutama kami keluarga besar Polres Tuban dan semoga masjid ini dapat mendorong segenap anggota untuk lebih taat beribadah serta semakin meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT" harap Kapolres Tuban.

Selanjutnya, Kapolres Tuban juga menambahkan selain anggota Polres Tuban, masjid Baitul Mu'min ini juga bisa digunakan oleh masyarakat atau jamaah dari luar untuk melaksanakan ibadah.

"Masyarakat dari luar Polres pun bisa memanfaatkan keberadaan masjid ini untuk melaksanakan ibadah salat, kita sudah siapkan pintu disebelah masjid," imbuh AKBP Ruruh.

Kapolres juga berpesan, siapapun nantinya yang akan memimpin Polres Tuban agar selalu merawat dan menjaga betul masjid. Sebab, ini merupakan usaha seluruh anggota Polres Tuban.

Sebatas diketahui, pembangunan masjid dua lantai dengan luas 20x25 meter persegi yang dikerjakan selama 8 bulan itu menelan biaya sekitar 7 miliar yang bersumber seluruhnya dari swadaya anggota Polres Tuban serta partisipasi dari berbagai pihak.

Masjid dengan interior full marmer serta hiasan kaligrafi itu dalam kondisi normal mampu menampung hingga sekitar 700 jamaah atau sekitar 300 jamaah dengan memenuhi Protokol Kesehatan saat pandemi Covid-19.[hud/sas]

Tag : polres, tuban, masjid

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more