BPBD Tuban Bersihkan Material Longsor Yang Tutup Akses Jalan Poros Desa

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban melakukan pembersihan material longsor di Dusun Telo, Desa Pakis, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Pembersihan material longsor itu dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat, bahwa material longsor tersebut menutup akses jalan poros Desa Pakis - Desa Menyunyur, Kecamatan Grabagan.

"Kita membersihkan material longsor yang menutup jalan poros desa penghubung antara Desa Pakis dengan Desa Menyunyur," terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Sudarmaji.

Sudarmaji menjelaskan, material longsor berupa tanah itu berasal dari tebing yang berada di sisi jalan. Yang mana, sebelumnya kawasan tersebut diguyur hujan dengan intensitas lebat.

"Kronologi terjadinya longsor itu dikarenakan hujan deras dengan intensitas waktu yang lama, sehingga tanah tidak mampu lagi menahan air yang kemudian terjadi longsor," imbuh Sudarmaji.

Lebih lanjut, akibat longsornya tebing itu jalan poros desa tertimbun material longsor sepanjang kurang lebih 25 meter dengan ketebalan material kurang lebih 20 centimeter.

Adapun dalam kegiatan pembersihan material itu, petugas BPBD Kabupaten Tuban mengerahkan 3 truk tangki. Dengan dibantu Babinsa dan warga sekitar akhirnya jalan tersebut bisa dilalui kembali.[hud/ono]