Efek Panic Buying, Stok Minyak Goreng di Minimarket Tuban Kosong

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Konsumen di Kabupaten Tuban melakukan panic buying dengan memborong minyak goreng murah, setelah Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perdagangan menerapkan kebijakan satu harga Rp14.000 per liter pada 19 Januari 2022. Dampak dari perilaku tersebut, stok minyak goreng di minimarket Jalan RE. Martadinata Tuban kosong.

Panic buying adalah pembelian secara berlebihan atau penimbunan suatu barang karena didasari rasa panik dan takut berlebih. Melansir laman Tirto, tindakan membeli produk atau komoditas tertentu dalam jumlah besar karena ketakutan tiba-tiba akan kekurangan atau kenaikan harga pada barang tersebut. 

Panic buying biasanya terjadi untuk mengantisipasi suatu bencana atau setelah terjadinya suatu bencana.

Kepala Minimarket Jl. RE Martadinata, Nurul Ahkwan mengakui sehari sebelumnya emak-emak berbondong-bondong membeli minyak goreng murah tersebut. Efek dari pembelian itu, saat ini ketersediaan barang belum terpenuhi. Ia juga belum menerima kabar kapan pasokan minyak goreng datang kembali.

"Kemarin Rabu sore banyak konsumen yang menyerbu minyak goreng harga Rp14.000 per liternya," ujarnya.

Melihat stok kosong, Kepala Dinas Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan Tuban, Agus Wijaya langsung menelepon pengelola minimarket dan meminta untuk segera dipenuhi minyak goreng yang semula kosong. Rencananya minyak goreng akan dikirim dari Gresik sesama jaringannya, bila belum ada akan dipenuhi dari minimarket sekitar yang di Tuban.

"Dari tiga minimarket yang kami kroscek baru di Jl. RE Martadinata yang kosong. Untuk minimarket di Jl. Basuki Rahmat masih banyak," sambung mantan Kabag Humas dan Media Pemkab Tuban itu.

Pemkab Tuban meminta pengelola minimarket menyediakan minyak goreng maksimal pukul 12.00 Wib, supaya para konsumen yang datang tidak kecewa. Untuk harga minyak goreng di minimarket baik Indomart dan Alfamart sudah sesuai intruksi pusat. 

Temuan Pemkab Tuban hari ini yang belum menerapkan satu harga minyak goreng adalah Samudra Supermarket di Jl. Diponegoro.

Pengelola Samudra Supermarket tidak berkenan diminta keterangan resmi setelah monev. Pihaknya hanya berkomitmen menyesuaikan harga minyak goreng sesuai arahan Dinas UKM dan Perdagangan maksimal pukul 12.00 Wib.

Diketahui, Dinas UKM dan Perdagangan hari ini turun untuk mengecek harga dan stok minyak goreng di sejumlah tempat. Mulai Samudra Supermarket, Bravo Supermarket, Indomart dan Alfamart Jl. Basuki Rahmat Tuban, Indomart dan Alfamart Jl. Hayam Wuruk Semanding, Indomart Karangagung dan Alfamart Panyuran Palang, Alfamrt Perum Semen Gresik dan Indomart depan RSNU Merakurak. [ali/ono]