Sapa Warga Binaan di Lapas, Wabup Tuban Harap Setelah Bebas Warga Binaan Bisa Mandiri

Reporter: Khoirul Huda

blok Tuban.com - Wakil Bupati (Wabup) Tuban H Riyadi mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban, Selasa (18/1/2022).

Dalam kunjungannya itu, Wabup meninjau setiap ruangan pelayanan dan pembinaan di Lapas Tuban sembari menyapa Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang sedang beraktifitas.

Pada kesempatan itu, Wabup menilai bahwa layanan di Lapas Tuban telah memenuhi standar yang mana kantor-kantor di lingkup Pemkab Tuban belum memilikinya.

"Kami menilai bahwa (layanan) lapas tuban memenuhi standar, seperti warga binaan bisa menyapa keluarga lewat IT, transaksi tanpa uang tunai dengan BRIZZI, dan kebersihan serta menu makanan sangat diperhatikan,” jelas Wabup.

Kang Riyadi, sapaan akrab Wabup Tuban berharap para WBP suatu saat yang akan keluar dari Lapas bisa mandiri dengan keterampilan yang diberikan ketika berada di Lapas. 

Dia menginginkan agar mereka menjadi sumber daya manusia yang terampil di Kabupaten Tuban. "Saya harap setelah bebas dari Lapas bisa punya pekerjaan yang mana keahlian ini dipraktekkan sehingga bisa mandiri secara ekonomi untuk daerah sekitar,” kata Wabup.

Sementara itu, Kepala Lapas Tuban Siswarno menyampaikan rasa terima kasih kepada Wabup atas perhatiannya kepada WBP Lapas Tuban yang sebagian besar adalah warga Tuban.

Pria asal Mrutuk, Kabupaten Tuban ini menyambut baik antusias Kang Riyadi untuk menjadikan warga binaan tenaga yang terampil bagi Kabupaten Tuban.

“Kami telah bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja Tuban untuk pelatihan bersertifikasi bagi warga binaan, seperti Mebelair, Pengelasan, Service AC, Service HP, Menjahit, dan banyak lagi,” ungkapnya.

Di akhir kegiatan Riyadi memberikan motivasi kepada lebih dari 80 orang warga binaan dan petugas di Aula Raden Said Lapas Tuban. Dengan kapastias hunian 266 orang Lapas Tuban per tanggal 18 Januari 2022 memiliki penghuni sebanyak 437 orang.[hud/sas]