Tindak Tegas Kendaraan Parkir Sembarangan, Dishub Tuban Tempeli Stiker Peringatan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Parkir sembarangan di tempat yang tidak semestinya sangat merugikan pengguna jalan lainnya. Oleh sebab itu, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban rutin melakukan penertiban kendaraan roda empat yang diparkir sembarangan di tepi ruas jalan protokol Kabupaten Tuban.

Penertiban dilakukan secara humanis dan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan 3M karena masih situasi pandemi Covid-19. Bagi pemilik kendaraan yang ada di lokasi langsung diberikan edukasi supaya dapat memarkir kendaraan di tempat yang disediakan.

“Sebaliknya bagi yang tidak ada pemilik kendaraannya maka petugas menempeli stiker bertuliskan anda parkir di tempat yang salah dan kami harapkan ini yang terakhir,” tutur Kepala Dishub Tuban, Gunadi, Rabu (15/12/2021).

Saat berada di lapangan, petugas kerap menjumpai sejumlah kendaraan yang di parkir tepat dirambu-rambu larangan parkir. Tanpa berpikir panjang, petugas kemudian bertindak tegas memberikan peringatan kepada pemiliknya untuk segera memindahkan kendaraanya serta tidak mengulanginya lagi.

Diantara ruas jalan yang kerap terjadi pelanggaran adalah Jalan Dr. Soetomo, Ronggolawe, Panglima Sudirman, Manunggal, Diponegoro, Dr Sutomo, KH. Agus Salim, Brawijaya dan Veteran Tuban.

Menurut Gunadi, meski kegiatan seperti ini dilakukan rutin, namun masih saja didapati kendaraan yang parkir sembarangan. Hal itu menandakan kurangnya kesadaran pemilik kendaraan.

"Ini bukan karena kurangnya rambu-rambu, tapi menurut kami kembali kepada kesadaran dan kurangnya sanksi," imbuhnya.

Diharapkan melalui kegiatan penertiban yang bersifat edukatif ini masyarakat sedikit demi sedikit sadar akan pentingnya mematuhi rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan dan kelancaran berlalu lintas.

"Kegiatan ini kami lakukan secara edukatif, semoga masyarakat sedikit demi sedikit sadar pentingnya mematuhi rambu lalu lintas demi keselamatan dan kelancaran berlalu lintas," harap Gunadi. [ali/sas]