Bupati Apresiasi Peran Kodim Tuban dalam Percepatan Pembangunan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan, selama ini Kodim Tuban selalu bersinergi dengan pemerintah daerah serta selalu kompak berkolaborasi hingga semua permasalahan di Kabupaten Tuban bisa diselesaikan bersama.

"Kita terus perkuat persaudaraan (Sinergi) ini dan untuk agenda Pemkab Tuban kedepan, Pemkab akan selalu gandeng Forkopimda untuk mempercepat pembangunan Kabupaten Tuban," terang Bupati Tuban di Makodim saat mengikuti pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-76 yang digelar serentak secara virtual, Selasa (5/10/2021).

Lebih lanjut, mantan anggota DPRD Provinsi Jatim itu mengapresiasi peran Kodim 0811/Tuban yang sangat luar biasa dalam membantu, mempermudah serta mempercepat dalam menyelesaikan permasalahan di Kabupaten Tuban.

"Kodim Tuban sangat luar biasa, membantu, mempermudah dan mempercepat kita menyelesaikan masalah di Tuban. Mulai dari pendidikan yakni mendata anak-anak yang putus sekolah, percepatan vaksinasi, terkait lingkungan serta penanaman pohon untuk mengatasi banjir dan masih banyak lagi kontribusi Kodim Tuban," imbuh bupati.

Sementara itu, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon menyampaikan, pada momen HUT TNI ke-76 ini, Kodim 0811 Tuban siap bersinergi dengan jajaran Forkompimda dan stokeholder untuk percepatan pembangunan daerah. 

"Dengan tema Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang maka kami berkomitmen akan mengatasi masalah di negeri ini," ujar Dandim 0811 Tuban.

Menurutnya, bertepatan dengan momen ini, TNI akan sinergi dan hadir membantu masyarakat. Terlebih, menanggulangi pandemi Covid-19 yang hingga sampai saat ini belum selesai. Dalam hal ini, TNI terus memberikan edukasi dan pendisiplinan agar masyarakat selalu mematuhi prokes Covid-19. Selanjutnya, terus menggalakkan kegiatan vaksinasi hingga ke tingkat desa-desa.

Tidak berhenti disitu, pada momen HUT ke-76 Kodim juga siap membantu perekonomian masyarakat Kabupaten Tuban yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Sehingga, Kodim memiliki progran setiap Koramil agar memiliki minimal 1 program unggulan.

"Setiap Koramil diminta memberikan pendampingan kepada masyarakat yang ekonominya terdampak akibat pandemi Covid-19," ungkapnya.

Selain itu, Kodim Tuban juga turut aktif ikut mengantisipasi adanya bencana Hidrometeorologi yang ada di Tuban. Pada saat ini kodim sudah bersinergi dengan Perhutani guna mengantisipasi adanya bencana banjir. Termasuk melalukan reboisasi di lahan-lahan yang kosong dengan menanami pohon yang tumbuhnya bisa cepat.

"Kami disediakan lahan 130 hektar oleh perhutani dan sudah tertanami sekitar 80 hektar. Semoga gerakan reboisasi ini dapat mencegah adanya bencana Hidrometeorologi di Tuban," pungkas Dandim.[hud/ono]