30 Calon Wasit dan Juri Pagar Nusa Tuban Digembleng, Ini Tujuannya

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebanyak 30 orang mengikuti Penataran atau pelatihan Wasit dan Juri Pencak Silat Pagar Nusa Tuban di Aula Gedung KH. Hasyim Asy'ari IAINU Tuban, Jumat (25/12/2020). Selama kegiatan peserta disiplin menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang sangat ketat.

Ketua PC Pagar Nusa Tuban, Abdul Mujib menuturkan, tujuan penataran untuk mempersiapkan dan menciptakan kader atlet Pagar Nusa di setiap kecamatan. Sehingga perlu didukung kemampuan wasit juri yang mumpuni.

"Peserta 30 orang itu berasal dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban," jelas Kang Mujib, sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Sabtu (26/12/2020).

Kang Mujib menambahkan, setelah diadakan penataran wasit juri ini diharapkan lahir atlet-atlet di tingkat kecamatan yang bisa membanggakan Kabupaten Tuban. Dengan demikian laga di tingkat regional, nasional maupun internasional mampu dijuarai.

"itu menjadi harapan besar daripada Pagar Nusa Kabupaten Tuban ke depan," tandasnya.

Sementara itu, Mirza Ali Manshur Ketua KONI Tuban periode 2020-2024 menyampaikan, penataran wasit juri Pagar Nusa adalah perdana. Pihaknya berharap dengan adanya penataran ini bisa menambah stok SDM di sektor wasit dan juri KONI Tuban.

"Kami bangga dan memberi apresiasi setinggi-tingginya, sebab Pagar Nusa adalah satu-satunya pencak silat yang pertama melakukan penataran wasit dan juri Pagar Nusa di Bumi Wali," ucap Mirza.

Data yang dihimpun di lapangan, pelatihan wasit dan juri ini dihadiri oleh Ketua Koni, Ketua IPSI, dan Sekretaris Wilayah Pagar Nusa Jawa Timur. Tampak pula perwakilan PCNU, dan anggota DPR RI Hj. Ratna Juwita Sari, serta Ketua Pimpinan Anak Cabang se Kabupaten Tuban. [rof/rom]