Tingkatkan Pemasaran UMKM, PC Muslimat NU Tuban Gelar Pasar Rakyat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tuban menggelar Pasar Rakyat di alun-alun kabupaten setempat. Pasar rakyat yang rencananya berlangsung mulai 23-26 Agustus tersebut dibuka langsung oleh Bupati Tuban H. Fathul Huda.

Pada kesempatan itu, Bupati Tuban menyampaikan, kegiatan pasar rakyat yang digelar PC Muslimat NU Tuban ini merupakan salah satu upaya untuk membantu pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Tuban. 

Sebab, UMKM di Kabupaten Tuban yang jumlahnya sangat banyak ini masih belum maksimal dalam memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) meski dalam penyerapan tenaga kerja sudah berjalan maksimal.

"UMKM kita belum maksimal dalam memberikan kontribusi terhadap PDRB, itu  salah satunya dikarenakan produk UMKM kita ini kurang pemasaran," terang Bupati Tuban, Jumat (23/8/2019).

Bupati berharap, dengan adanya kegiatan pasar rakyat ini menjadi salah satu media untuk pemasaran produk UMKM di Tuban. Sehingga maksimal dalam memberikan kontribusi PDRB. "Kita harapkan pasar rakyat ini bisa memperbaiki kemasan serta meningkatkan pemasaran UMKM kita," harap Bupati.

Ketua PC Muslimat NU Tuban Hj. Siti Syarofah menyampaikan, pasar rakyat ini PC Muslimat NU Tuban berkolaborasi dengan Pemkab Tuban untuk membangkitkan ekonomi kemasyarakatan di Kabupaten Tuban. "Kegiatan pasar rakyat ini bertujuan untuk membantu pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Tuban," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya mengatakan ada sebanyak 67 stand dalam pasar rakyat ini. Dia juga mendukung apa yang menjadi tujuan dan harapan Muslimat NU Tuban.

"Kita sinergis dengan Muslimat NU harapanya ekonomi kerakyatan tumbuh dari bawah, mulai dari ranting, anak ranting dan cabang," pungkasnya.[hud/col]