Kekeringan Nguluhan Montong, Ratusan KK Terdampak

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Fase kekeringan pada musim kemarau saat ini tengah mencapai tahap serius. Sejumlah wilayah kecamatan Kabupaten Tuban mulai terdampak, salah satunya ada di Desa Nguluhan, Kecamatan Montong.

Pasca mendapat laporan, Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban melalui bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) menindaklanjuti surat Camat Montong, tentang bencana alam kekeringan yang terjadi di wilayah tersebut.

Dari hasil assesment, kekeringan berdampak pada dua dusun pada Desa Nguluhan. Yakni Dusun Krajan dengan jumlah 500 Kepala keluarga (kk), dan Dusun Kedungjero sebanyak 84 kk terdampak bencana alam kekeringan. Sedangkan sumber mata air terdekat, berada pada radius sejauh 2 kilometer, dengan kondisi debit air mengalami penyusutan.

"Tim rehabilitasi dan rekontruksi melakukan assesmen di lokasi, bersama Kepala Desa Nguluhan. Mengingat desa tersebut memang sangat membutuhkan pasokan air bersih, maka perlu adanya droping air bersih guna meringankan masyarakat yang terdampak kekeringan tersebut," kata Tim Assesment BPBD Tuban Bidang RR, Frendi Setiawan saat dikonfirmasi blokTuban.com, Kamis (15/8/2019).

Ditambahkannya lagi, 2 Dusun di Desa Nguluhan tersebut sesegera mungkin bakal dilakukan dropping air bersih. Namun, tetap memperhatikan jadwal. Mengingat wilayah lain yang mengalami kekeringan juga mendapat pasokan air bersih.

"Kita segera lakukan dropping ke sana, tapi juga dilakukan penjadwalan sebelumnya," ungkapnya. [feb/lis]