Jelang Puasa, Harga Bahan Pokok Mulai Naik

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Mendekati bulan suci Ramadan sebagian harga bahan pokok di Pasar Baru Kabupaten Tuban terpantau merangkak naik.

Harga bahan pokok yang mengalami lonjakan tersebut di antaranya harga bawang putih, cabai dan telur.

Bahkan menurut keterangan para pedagang di Pasar Baru Tuban, harga bahan pokok bawang putih naik menjadi Rp50 ribu perkilogram dari yang sebelumnya hanya kisaran Rp40 ribu hingga Rp45 ribu perkilogramnya.

"Bawang putih sekarang Rp50 ribu perkilogram, harga naik kemungkinan karena stok sedikit," terang salah satu pedagang, Rumiyatun, Rabu (1/5/2019).

Lebih lanjut, pedagang asal Desa Tasikmadu itu mengungkapkan, selain harga bawang putih, beberapa hari ini harga cabai dan telur juga naik.

Untuk harga cabai rawit merah dari sebelumnya hanya Rp12 perkilogram sekarang menjadi Rp17 ribu. Kemudian harga telur dari Rp22 ribu perkilogram sekarang menjadi Rp24 ribu.

"Untuk harga cabai kriting stabil Rp15 perkilogram, sedangkan harga bawang merah dari Rp36 ribu turun menjadi Rp35 ribu," imbuhnya.

Sementara itu, pedagang lain Sutomo juga mengungkapkan hal yang sama, jika beberapa hari ini harga kebutuhan pokok merangkak naik. Harga naik karena menjelang puasa.
"Menjelang bulan puasa ini beberapa harga bahan pokok naik," pungkas Sutomo. [hud/rom]