Ditinggal ke Sawah, Rumah di Sumberdadi Terbakar

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Peristiwa kebakaran kembali terjadi  lagi di Kecamatan Soko. Kali ini menimpa sebuah rumah milik Asngari (55) warga Desa Mentoro, tepatnya di Dusun Sumberdadi, RT/RW  06/03, Rabu (24/4/2019).

Dari penuturan tetangga korban, kejadian tersebut diketahui sekitar pukul 11.45 WIB ketika penghuni isi rumah sedang kosong. Keluarga yang notabenya petani tengah repot pergi ke sawah. Asngari sedang menanam padi, sedang istrinya, Lufiati (50) juga pergi ke sawah untuk bekerja.

"Warga pas tau kebakaran, api sudah tinggi. Tapi sebelumnya sapi di belakang rumahnya sempat glodakam, mungkin panik pas tau api," kata tetangga-tetangga korban yang berada di sekitar lokasi paska kebakaran.

Mendengar informasi dari warga sekitar, tim Damkar Posko Rengel pun datang ke lokasi. Mereka melakukan penyemprotan awal dengan dibantu oleh 2 Unit PMK Kabupaten Tuban. Warga sekitar juga ikut dalam upaya pemahaman, sehingga api dapat dipadamkan.

Setelah api padam, rumah bagian tengah mengalami rusak ringan. Bagaimana belakang rumah, dapur beserta kandang milik korban rusak berat, sebab bangunan terdiri dari bambu dan kayu.

"Kerugiannya kurang lebih 40 Juta Rupiah. Untuk yang lain, masih dalam proses penyelidikan," ujar BPBD Kabupaten Tuban melalui Frendi Setiawan.

Sementara itu, dari beberapa sumber lapangan juga menyebutkan bahwa kebakaran diduga karena konsleting listrik dari alat penanak nasi jenis magicom. [feb/ito].