Gelar Maulidan, Petugas dan WBP Diajak Teladani Sifat Nabi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tuban menggelar kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Halaman Lapas setempat. Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan petugas Lapas serta ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Jumat (23/11/2018).

Dalam kegiatan tersebut, Lapas Tuban turut mengundang penceramah, Kiai Ansory. Dalam ceramahnya, dia mengajak kepada ratusan napi mencintai nabi dengan cara memperbanyak salawat dan meneladani sifat-sifatnya.

Diantaranya sifat jujur. Karena sifat jujur ini harus ditanamkan dalam diri para napi dalam kehidupan sehari-hari. "Tanda-tanda akhir zaman adalah hilangnya sifat jujur pada manusia. Jika sifat ini sudah tidak ada maka tunggu saatnya kiyamat akan datang," jelasnya dalam ceramah.

Di samping itu, Ansori juga berpesan agar para WBP dan petugas harus mempunyai sifat yang amanah dalam menjalankan tugas-tugasnya serta amanah kepada sesama umat. Selanjutnya, suri tauladan nabi harus ditanamkan dalam diri misalnya sifat tabligh menyampaikan orang yang hidup di akhirat nanti dengan zaman harus banyak menyampaikan hal yang baik.

Sementara itu, Kepala Lapas (Kalapas) Kelas II B Tuban Sugeng Indrawan juga mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad ini hendaknya terus meresapi maknanya.

"Seperti terus meneladani sifat yang sudah dicontohkan nabi kepada kita dan menjalankan dalam kehidupan sehari-hari. Kita harapkan kegiatan ini dapat memupuk mental agama mereka (Penghuni Lapas). Semoga setelah keluar dari sini mereka dapat berbuat baik sesuai dengan harapan kita. Dan selama masa tahanan kita terus memberikan pengajian agama. Tujuannya agar kerohanian mereka dapat bertambah," kata Sugeng. [hud/lis]