Gerak Jalan Desa Prambontergayang Jadi Hiburan Masyarakat

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Menyambut semerak kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus ini, sejumlah wilayah mulai dari kecamatan hingga desa berbondong memeriahkan pesta kemerdekaan. Seperti yang terlihat di Desa Prambontergayang, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban ini misalnya.

Tak hanya warga desa itu sendiri, puluhan ribu masyarakat sekitar ‎Kecamatan Soko pun memadati jalanan desa mulai dari Prambontergayang, Pandanagung, hingga Desa Mentoro demni menyaksikan gerak ‎jalan yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Karang Taruna (Kartar) Manunggal X Desa Prambontergayang.

"Start dari perigaan desa, kemudian arah Pandangagung ke pertigaan arah mudi, melewati Dusun Sumberdadi belok lagi. Rute melewati 2 Desa tetangga," ujar Kasi Kesejahteraan Desa Prambontergayang, Muzir,.

Kepada blokTuban.com, Muzir mengungkapkan bahwa kegiatan PHBN gerak jalan, baik putra maupun putri tingkat pelajar-umum ini begitu semarak. Lebih ramai tahun ini dibanding tahun sebelumnya.

Tercatat setidaknya ada 174 regu grak jalan, dimana setiap regu dengan identitas, seragam, dan kolaborasi yel-yel nan unik dan menghibur masyarakat umum.

‎"Semoga selalu ramai kegiatan-kegiatan yang digagas pemuda kita ini dari waktu ke waktu," tambahnya.

Sementara itu, warga asal Desa Ngarum, Kecamatan‎ Grabagan, Ulum yang datang bersama istrinya mengaku senang atas kemeriahan acara rutin Desa Prambontergayang itu. Tingkah gerakan pada tim-tim regu gerak jalan, mulai dari pemuda hingga ibu-ibu yang ikut mengundang gelak tawa bagi setiap penonton yang hadir membanjiri kawasan jalan desa.

"Sangat ramai. Acara di desa ini tak kalah seru dari acara tingkat Kecamatan. Bisa ‎jadi hiburan warga umum ini," kata Ulum kepada blokTuban.com, Sabtu (11/8/2018). [feb/ito]