Wabup Minta Penambangan di Atas Goa Dihentikan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Wakil Bupati (Wabup) Tuban, H. Noor Nahar Hussein, meminta kepada masyarakat sekitar untuk menghentikan sementara penambangan batu kapur yang berlokasi tepat diatas Goa Pertiwi Dusun Krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

"Saya minta nanti seluruh aktifitas penambangan batu kapur yang berada di atas goa dihentikan, sebelum ada rekomendasi," kata Wabup saat meninjau lokasi goa pertiwi, Selasa (7/8/2018).

Menurut Wabup, hal itu dilakukan sebagai langkah untuk mengamankan goa agar tidak mengalami kerusakan saat dilakukan penambangan di atasnya. Selain itu, juga untuk kepentingan safety atau keamanan bagi para penambang batu kapur itu sendiri.

Lebih lanjut, dalam waktu dekat ini Pemkab Tuban bersama Dinas Lingkungan Hidup, stakeholder terkait dan Tenaga Ahli akan membuat peta dan skema area goa serta lokasi yang dilarang untuk dilakukan aktivitas penambangan.

Sehingga setelah hasil studi itu keluar, maka warga akan mengetahui dengan jelas jarak berapa meter yang aman untuk dilakukan penambangan, "Jadi kami membuat aturan atau larangan itu harus ada alasanyanya yang kuat," jelas Wabup.

Untuk saat ini masih dalam proses kajian karena otoritas tidak hanya pada Pemkab, namun juga dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Pakar Geologi Nasional yang harus dimintai rekomendasi. Sehingga, dapat ditentukan langkah-langkah selanjutnya.[hud/col]