Panwaslu Sayangkan Lambannya Pemasangan APK Pilgub

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tuban menyayangkan lambannya pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim). Padahal masa kampanye sudah lewat satu bulan.

"Terhadap persoalan ini kami sangat menyayangkan karena masa kampanye sudah berjalan satu bulan lebih," ujar ketua Panwaslu Kabupaten Tuban, Masrukhin menanggapi pemasangan APK yang telat.

Jika nanti terpasang, pihaknya mengaku memiliki kewajiban untuk memastikan APK sesuai dengan bentuk dan ukuran yang pernah disampaikan ketika approval sebelumnya. Selain itu pihaknya akan memastikan bahwa lokasi pemasangan APK sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh KPU.

"Kami akan melakukan pengawasan terhadap APK yang sudah terpasang dan harapannya masyarakat untuk tidak merusaknya dengan cara apapun, misalkan mencorat-coret dan sebagainya," tandas pria ramah itu.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, tahapan kampanye Pilgub tahun ini mulai tanggal 15 Februari hingga 24 Juni 2018.

Sementara itu ketika KPU Tuban dikonfirmasi blokTuban.com mengaku, APK akan datang minggu-minggu ini. Ketika datang, pihaknya memastikan akan langsung memasang.

"Sekitar minggu ini sudah kita pasang," timpal Ketua KPUD Tuban, Kasmuri. [rof/rom]