Minat Baca Tinggi, Perpustakaan Kerek Tingkatkan Pelayanan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Minat baca di Perpustakaan Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban yang terus meningkat di tahun 2017 kemarin, membuat pelayanan serta fasilitas perpustakaan mulai awal tahun 2018 ini semakin ditingkatkan.

Peningkatan fasilitas serta pelayanan tersebut dilakukan di antaranya dengan penambahan buku setiap triwulan, pelayanan perpustakaan hingga malam hari serta adanya fasilitas Wifi untuk memanjakan para pengunjung.

Menurut salah satu Petugas Perpustakaan Kerek, Nur Shobirin mengatakan, saat ini di perpustakaan kerek terdapat hampir 4.500 koleksi buku dari berbagai kategori dan setiap tiwulan sekali perpustakaan ini mendapatkan suplai buku baru dari Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tuban.

"Untuk triwulan terakhir ini penambahan buku di perpustakaan kerek sebanyak 1500 buku. Diantaranya untuk kategori Bahasa, Sejarah Novel dan Referensi," sebut Nur Shobirin.

Lebih lanjut, selain berbagai macam koleksi buku perpustakaan kerek kini juga dilengkapi dengan fasilitas Wifi yang dapat diakses secara gratis untuk mendongkrak pengunjung.

"Sejak dilengkapi fasilitas Wifi, setiap hari pengunjung bisa sampai 60-80 pengunjung perhari," tandasnya.

Terpisah, Kepala UPTD Perpustakaan Kabupaten Tuban Khusnul Hadi Kusuma mengatakan kedepanya perpustakaan di Kecamatan Kerek maupun kecamatan lainya, akan ditambah Bandwith kapasitas internet dari 10 MBps menjadi 20 MBps serta menambah koleksi buku.

"Kami juga akan mengadakan penambahan komputer di perpustakaan kerek, serta perawatan dan pemeliharaan rutin terhadap gedung," pungkasnya.

Diketahui, dari data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, di tahun 2017 lalu rata-rata pengunjung perpustakaan kerek mencapai 850 pengunjung dalam sebulan. Dan pada tiga bulan terakhir lalu meningkat hingga 30 persen.[hud/col]