Isi Liburan, Belasan Anak di Kedungrejo Ramai-Ramai Cari Keong

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Libur panjang sekolah sekaligus hari libur Natal tahun 2017, dimanfaatkan oleh belasan anak di Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban untuk mencari Keong jenis Gondang di area telaga desa setempat, Senin (25/12/2017).

Mereka beramai-ramai mencari Keong Gondang (Siput Sawah) untuk dimasak bersama-sama di tepi telaga yang ada di utara Dusun Luwuk desa setempat. Konon, keong jenis ini banyak mengandung protein, kalsium dan rendah kolesterol, serta banyak dijumpai di telaga tersebut.

Menurut salah satu anak yang ikut mencari keong, Tyo mengatakan, liburan kali ini ia tidak pergi ketempat-tempat wisata, melainkan bersama degan 14 temanya ia mencari Keong Gondang untuk dimasak bersama-sama.

Karena menurutnya, di telaga kembar yang ada di utara Dusun Luwuk Desa Kedungrejo tersebut memang dikenal dengan Keong Gondangnya yang melimpah saat musim penghujan seperti ini.

"Sekitar setengah jam kita mencari keong hampir satu sak ukuran 20 kilogram keong yang kita dapat, ini sudah cukup untuk kita olah bersama teman-teman," kata siswa kelas VII SMP tersebut.

Selanjutnya, setelah selesai mencari keong, anak-anak tersebut lalu membersihkannya dengan cara memisahkan dari cangkangnya, dan anak-anak yang lainya meracik bumbu ala kadarnya untuk memasak Keong Gondang hasil tangkapannya.

"Lebih enak dimasak langsung disini, lagian kita bisa menikmatinya bersama-sama," tambah Dani, anak yang ikut mencari keong.

Setelah selesai dimasak, belasan anak-anak tersebut langsung menyantap olahan Keong Gondang dari hasil buruan mereka.[hud/col]