Pemerataan, Upacara HSN 2017 Tidak Digelar di Alun-Alun

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ribuan santri yang ada di Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur menggelar upacara Hari Santri Nasional (HSN) 2017. Para santri, warga Nahdliyin (Nahdlatul Ulama) se-Kabupaten Tuban dan juga Forkopimda ini menggelar upacara di Lapangan Sendang, Kecamatan Senori, Minggu (22/10/2017).

Tentu ini sedikit berbeda dari upacara-upacara resmi biasanya. Sebab, biasanya pemerintah daerah jika menggelar upacara pasti dipusatkan di Alun-Alun Kota Tuban.

"Alhamdulillah luar biasa. Lebih dari 5000 santri ikut upacara ini," terang Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein usai jadi pembina upacara, Minggu (22/10/2017).

Dijelaskan Noor Nahar, upacara di Senori ini merupakan upacara pertama sejak ditetapkan HSN pada 2015 silam. Dengan dipilihnya Senori sebagai pusat kegiatan puncak HSN, menurut dia, lantaran dianggap daerah pusatnya pesantren atau Bumi Santri.

Selain itu, orang nomor dua di Bumi Wali itu berujar, upacara ini sebagai pemerataan. Sehingga tidak selalu dipusatkan di alun-alun.

"Tadi juga dihadiri jajaran Forkopimda (Dandim, Kapolres, dan Kejaksaan), biar kita semua tau jika Tuban basisnya santri," imbuh mantan ketua PCNU Tuban itu.

Pantauan di lokasi, setelah upacara selesai terdapat acara hiburan dari kalangan santri, yakni marcing band. Dengan tampilan sederhana ala santri, namun mereka tampil memukau di hadapan ribuan pasang mata dengan membawakan atraksi yang spektakuler. [rof/col]