Tim Kemenpolhukam Bahas Patung Kong Co dengan Pemkab

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Tim Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenpolhukam) datang ke Tuban untuk membahas kelanjutan masalah Patung Kong Co Kwan Sing Tee Koen yang memanas akhir-akhir ini.

Tim yang berjumlah tiga orang itu menggelar rapat terbatas dengan Wakil Bupati Tuban, bersama beberapa pejabat lainnya, di rumah dinas, Kamis (10/8/2017)

Ketua Tim Kemenpolhukam, Yusran Yunus mengatakan, pertemuan ini adalah untuk menggali lebih dalam apa yang sebenarnya terjadi di Tuban, mengenai keberadaan Patung Kong Co Kwan Sing Tee Koen yang berada di dalam Klenteng Kwan Sing Bio.

Sebab, nanti hasilnya akan dibawa ke kementerian untuk dibahas lebih lanjut secara mendetail. Masalah ini bisa dibawa ke Kemenpolhukam dan juga ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kita baru pelajari, kita tidak bisa memutuskan, tunggu dulu," ujar Yusman usai rapat terbatas.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein menyatakan, Pemkab hanya menyuguhkan data kondisi sebenarnya di Tuban. Jika diluar ramai karena Patung Kong Co tersebut, di Tuban justru adem ayem tidak ada gejolak.

"Kita sampaikan ke Tim Kemenpolhukam bahwa di Tuban aman tidak ada gejolak, sudah kita sampaikan tadi dan diterima oleh tim," pungkas Wabup.

Usai menjalani rapat terbatas bersama Wabup, dikabarkan tim Kemenpolhukam selanjutnya bergeser ke Klenteng Kwan Sing Bio untuk meninjau Patung Kong Co Kwan Sing Tee Koen secara langsung.[nok/col]