Fraksi Golkar Pertanyakan Kenaikan Anggaran DPU

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Fraksi Golkar mempertanyakan keras rencana kenaikan anggaran terhadap Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dalam pembahasan Rancangan Perubahan Anggaran Belanja Daerah (R-PABD) 2017.

Dalam anggaran sebelumnya, DPU mendapat alokasi anggaran sebesar 255 Miliar 866 Juta. Pada pembahasan R-PABD, dinas tersebut rencananya akan mendapat kenaikan anggaran menjadi 368 Miliar 255 juta. Dari angka usulan tersebut maka DPU mendapat kenaikan anggaran sebesar sekitar 117 Miliar.

"Mohon dijelaskan kenaikan anggaran terhadap anggaran Dinas Pekerjaan Umum," kata Jubir fraksi Golkar Edi Susanto saat membacakan pandangan umum dihadapan seluruh fraksi dan eksekutif, Kamis (10/8/2017)

Padahal, menurut pengamatan fraksi Golkar, penyerapan anggaran oleh dinas pekerjaan umum sangat minim. Dari data yang ada, pada semester awal tahun ini, DPU hanya mampu menyerap 16, 4 persen dari anggaran yang ada.

"Penyerapan anggaran pada semester awal ini minim, namun justru dinaikkan 117 Miliar, ini harus diperjelas," pungkasnya.

Rapat paripurna terus berlanjut, seluruh fraksi masih terus menyampaikan pandangan umum terkait rencana P-APBD 2017. Pihak eksekutif juga belum menjawab pertanyaan dari semua fraksi. [nok/ito]