Siswa Muhammadiyah Tuban Gelar Aksi untuk Palestina
 
Reporter: Moch. Sudarsono
 
blokTuban.com - Siswa-siswi SMP dan SMA Muhammadiyah 1 Tuban menggelar aksi solidaritas, atas terjadinya tragedi kemanusiaan yang dialami oleh rakyat Palestina, Jumat (28/7/2017)
 
Aksi tersebut dimulai dari Sekolah hingga ke Alun-alun kota. Selain berorasi mengecam tindakan keji Israel terhadap Palestina, juga ada penggalangan dana dan ditutup dengan salat ghaib.
 
Kordinator aksi, Abdul Majid Tamum mengatakan, aksi solidaritas ini adalah bentuk dukungan moral dari siswa-siswi Muhammadiyah Tuban kepada rakyat Palestina yang saat ini telah mengalami kekerasan oleh tentara Israel.
 
Seperti diketahui, rakyat Palestina mendapat perlakuan tidak manusiawi oleh Israel. Perlakuan itu dilakukan setiap hari. Bahkan, untuk beribadah mereka juga mendapat tekanan dari tentara Israel.
 
"Kita mengecam atas apa yang dilakukan oleh Israel, atas intimidasi terhadap warga Palestina, termasuk dalam beribadah," teriak Majid saat orasi.
 
Pria yang juga sebagai guru di Sekolah Muhammadiyah 1 Tuban itu juga meminta, Pemerintah ikut mengambil sikap atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina. Sebab, Indonesia juga memiliki peran terhadap keamanan dunia.
 
"Kita harap pemerintah Indonesia ikut menyelesaikan konflik ini, pemerintah harus mengrimkan tentara perdamaiannya ke Palestina," pungkasnya.
 
Sementara itu, salah seorang siswa peserta aski, Endang Purwanti menyatakan, aksi yang dilakukan ini adalah bentuk solidaritas terhadap Palestina. Konflik yang terjadi antara Palestina dan Israel harus segera diakhiri demi terciptanya perdamaian dunia.
 
"Kita ingin konflik Palestina Israel harus segera diakhiri, jangan dibiarkan terus menerus demi terciptanya perdamaian dunia," singkat Siswi kelas 3 SMA itu.
 
Aksi yang diikuti sekitar 100 lebih siswa tersebut berjalan lancar, dengan mendapatkan pengawalan penuh dari pihak kepolisian.[nok/ito]